Ilmu Komputer dan Komunikasi Unika Soegijapranata Perluas Kerjasama dengan DLSUD Filipina
Jumat, 12 Mei 2017 | 15:41 WIB

Ilmu Komputer dan Komunikasi Unika Soegijapranata Perluas Kerjasama dengan DLSUD Filipina

Unika Soegijapranata memperluas kerjasamanya dengan berkunjung ke Universitas De La Salle University Das Marinas (DLSUD), Filipina, Rabu (10/5) malam.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperluas kerjasamayang telah terjalin sebelumnya, yakni pada tahun 2011.

Adapun kerjasama yang dijajaki adalah kesepakatan program mobilitas internasional untuk Fakultas Ilmu Komputer dan Prodi Komunikasi pada kedua Universitas tersebut.

Budi Widianarko, Rektor Unika Soegijapranata menuturkan, pada awal kerjasama di tahun 2011, aktivitas yang dilakukan meliputi pengiriman dosen dan pertukaran mahasiswa antar universitas.

"Antara lain di Fakultas Psikologi (FPSI), Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD), dan Fakultas Teknologi Pangan (FTP)," jelasnya, berdasar rilis yang diterima Tribun Jateng, Kamis (11/5).

Selain itu, ia menuturkan bahwa penyelenggaraan seminar dan kegiatan service learning juga telah dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

"Yakni dengan sistemnya adalah melakukannya secara bergantian di masing-masing negara," ujar Budi.

Ia pun menyampaikan, bahwa bekerjasama dengan DLSUD merupakan sebuah keuntungan bagi pihaknya. Pasalnya, ia menyebut bahwa Universitas tersebut adalah teman lama, dan kedua Universitas telah cukup sering menyelenggarakan kegiatan bersama dan dua arah.

"Bukan hanya dosen dan mahasiswa kami saja yang menimba ilmu sampai ke sana, tapi juga mahasiswa mereka ada yang ke Unika," ungkapnya.

Kerjasama ini, imbuhnya, merupakan wujud kesetaraan dan persahabatan yang tulus antar kedua universitas.

Pada kesempatan tersebut, Budi menuturkan bahwa Prodi Komunikasi dan Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata menjadi target kerjasama dengan Universitas tersebut mengingat kedua program tersebut saat ini tengah berkembang dengan pesat dan diminati oleh calon mahasiswa.

"Di sisi lain, Fakultas tersebut di DLSUD merupakan bagian dari keunggulan kampus tersebut yang diakui oleh pemerintah Filipina," jelasnya.

Myrna F. Ramos, Wakil Rektor bidang Misi, Hubungan Eksternal, dan Pengembangan DLSUD menuturkan, perlunya kerjasama tidak hanya terbatas pada pengajaran dan pertukaran mahasiswa saja, tetapi juga dalam kesempatan magang dan pelatihan bagi dosen yang menjabat sebagai dekan dan ketua program studi.

"Sehingga kepemimpinan dapat berjalan dengan lebih baik dan menjadi bentuk penghargaan Universitas kepada mereka yang sudah berjasa kepada kampus," ujarnya.

(►http://jateng.tribunnews.com)

Kategori: