HMJTE Segera Gelar Pertarungan Robot
Jumat, 12 Mei 2017 | 16:12 WIB

ROBO BATTLE: Panitia Lomba Robot Vaganza Menunjukkan Robo Battle yang disiapkan untuk pertarungan, Kamis (18/5) mendatang. (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata akan menggelar pertarungan robot dalam kontes Robovaganza 2017, Kamis (18/5) mendatang. Kontes Robovaganza ini merupakan ke-14 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE).

Pada penyelenggaraan kali ini, HMJTE berinovasi dengan 2 tambahan kategori yang dilombakan. Salah satunya adalah Robo Battle (pertarungan robot).

”Biasanya dalam Robovaganza hanya ada Line Follower, tapi untuk tahun ini kami berikan yang beda yakni Robo Battle dan Instagram Photo Contest. Robo Battle ini kami lihat cukup banyak yang suka, dari kalangan anak-anak dan dewasa. Pada intinya HMJTE ingin berinovasi,” ujar Ketua Panitia Robovaganza Dimas Arifiyan, di Gedung Yustinus Unika Soegijapranata Rabu pagi (10/5) kemarin

Mahasiswa semester 4 itu menargetkan sedikitnya 30 tim berpartisipasi dalam kategori Line Followers. ”Yang pasti kami ingin menghidupkan semangat para pelajar maupun penggemar robotik segala kalangan. Sekaligus mengenalkan kepada masyarakat bahwa, Teknik Elektro itu asyik dan menarik minat mereka,” ujar Dimas.

Dimas menjelaskan, pemilihan kategori Robo Battle berdasarkan animo masyarakat terhadap pertandingan robot cukup tinggi. ”Kalau Instagram ini, kita tahu bahwa masyarakat saat ini tidak bisa lepas dari media sosial. Ini untuk menarik masyarakat yang bukan peserta, jadi mereka datang untuk menonton, upload foto dengan caption dan hastag yang kami sediakan, yang beruntung ya dapat hadiah,” katanya.

Terpisah, Ketua Program Studi Teknik Elektro Unika Soegijapranata Semarang Florentinus Budi Setiawan mengatakan, Robo Battle merupakan kontes yang terbilang baru di Indonesia khususnya Jawa Tengah (Jateng). ”Sebelumnya saya pernah lihat yang serupa itu di Jakarta, kalau di Jawa Tengah, saya pastikan baru Unika,” klaimnya.

”Harapan kami dengan adanya lomba Robo Battle ini, masyarakat lebih mengenal teknologi sehingga tidak hanya beli dan pakai lalu rusak saja tetapi juga bisa merakit dan kontes,” pungkasnya.

(►https://radarsemarang.com)

Kategori: