Gemari Matematika dengan Mathematic Logic
Kamis, 4 Mei 2017 | 15:06 WIB

Mathematic Logic  Competition  yang menjadi salah satu agenda kegiatan Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, sudah dimulai tanggal 1 sd 27 April 2017 dan diikuti oleh lebih dari 200 peserta SMA atau SMK di seluruh Jawa Tengah.

Kegiatan  yang  merupakan agenda tahunan Prodi Teknik Informatika tersebut, finalnya dilaksanakan pada hari Kamis (4/5) dengan diikuti oleh 48 tim dengan 69 orang dari 21 SMA atau SMK di Jawa Tengah.  “Lomba menggunakan aplikasi android dan kita broadcast secara online serta diunduh dengan gratis, setelah itu mereka download sehingga peserta dapat mengikuti lomba dan bermain menggunakan handphone mereka, berikutnya data peserta dikirim ke tempat kita” jelas Rosita Herawati, ST,MIT selaku ketua Program Studi Teknik Informatika Unika Soegijapranata saat ditanya tentang metode lomba Mathematic Logic.

Final lomba yang dilaksanakan secara offline di ruang laboratorium komputer, gedung Henricus Constant B Unika Soegijapranata ini, memunculkan beberapa pemenang lomba yaitu juara I diraih oleh Muhammad Hanif Adzkiya dan Rifqi Eka Hardianto dari SMAN 2 Purwokerto, juara II diraih oleh Jane Yocelin dan Kenshi Budhi dari SMA Krista Mitra Semarang dan juara III diraih oleh Naufal Asy-Syaddad dari SMA Semesta Semarang.

Saat ditanya tujuan diadakannya kegiatan, Rosita menjelaskan bahwa dengan kompetisi ini diharapkan masyarakat terutama para pelajar mulai menggemari matematika karena matematika sebagai ilmu dasar sebenarnya kalau dipelajari sangat menyenangkan. Demikian juga komentar salah satu peserta dari SMA Negeri 5 Semarang, memberikan respon yang positif pula dengan diadakannya Mathematic Logic  Competition ini,”Pelaksanaan lomba lebih teratur dan menggunakan komputer disamping itu juga menyenangkan dan bisa menambah pengalaman,” tutur Commelina Agatha.

Hadir pula beberapa guru yang mendampingi siswanya dalam Mathematic Logic  Competition ini. Para guru tersebut diajak dalam Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) oleh salah satu dosen Prodi Teknik Informatika Hironimus Leong, S.Kom.,M.Kom, dengan topik membangkitkan minat belajar matematika di SMA atau SMK.

Salah satu guru, yang turut hadir mendampingi siswanya mengemukakan pendapatnya, “Para siswa sangat antusias mengikuti lomba ini, sehingga sekolah kami terpilih menjadi peserta favorit karena siswa kami yang terbanyak mengikuti lomba ini,”tandasnya. (Fys)

Kategori: ,