Darmasiswa Camp Unika
Rabu, 31 Mei 2017 | 10:36 WIB

Selama dua hari, yaitu hari Jumat dan Sabtu, tanggal 19 dan 20 Mei 2017, International Office Unika Soegijapranata mengadakan acara 1st Darmasiswa Camp – Seminar & Workshop yang diikuti oleh para darmasiswa yang studi di Unika maupun di perguruan tinggi lain di kota Semarang serta mahasiswa lokal dari UGM dan beberapa siswa salah satu SMU swasta di kota Semarang.

Tema kegiatan ini adalah “Back to Nature with Herbs”.  Tema “Back to Nature with Herbs” sendiri diambil dengan maksud untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai lingkungan, kulinari dan suasana alam Indonesia di kota Semarang.

Tak hanya acara berkemah, tetapi berbagai kegiatan seperti menanam pohon bakau atau mangrove, belanja di pasar tradisional, dan memasak bersama makanan Indonesia-pun dilakukan.

Pada kegiatan menanam pohon bakau atau mangrove di Mangunharjo Kecamatan Tugu Semarang, tampak diikuti oleh peserta darmasiswa dengan antusias, “No, I’ve never planted it,” tutur Cynthia sebagai salah satu darmasiswa yang berasal dari Madagascar.

Pada sesi menanam pohon bakau, setiap orang diberi kesempatan untuk menanam dua batang bayi pohon bakau kedalam lubang tanah yang sudah disediakan, kemudian keduanya diikat menggunakan tali rafia.

Acara lainnya yang cukup mengesan bagi para darmasiswa adalah saat mereka diajak untuk belanja di pasar tradisional Mangkang yang terletak di daerah Wonosari, Semarang. Disini para peserta diajak bermain semacam game sederhana yang mengharuskan mereka untuk belanja beberapa jenis sayuran dengan jumlah uang yang sudah ditentukan. Dan tampaknya semua peserta berhasil membeli semua belanjaan tanpa uang yang tersisa.

Dalam sesi lain di hari pertama, bertempat di laboraturium nutrisi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) para darmasiswa juga diajak untuk memasak masakan khas Indonesia salah satunya Nasi Goreng, serta mengikuti kuliah dari para pakar pangan dan arsitektur di Unika.

Pada sesi Workshop di hari kedua, para peserta darmasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil pembelajaran selama 2 semester di Unika Soegijapranata. Beberapa diantaranya, mereka mempresentasikan cara membuat lulur dari rempah-rempah, meracik jamu, dan masakan kuliner Indonesia. (yel)

Kategori: ,