Belajar Hipnosis untuk Kesehatan bersama Hypnomorphosis
Rabu, 17 Mei 2017 | 9:14 WIB

Selama ini, setiap kali mendengar kata hipnosis pasti yang dipikirkan sebagian besar masyarakat umum adalah dunia hiburan atau yang  cenderung negatif adalah modus penipuan dengan menggunakan trik hipnosis. Tetapi, kenyataannya hipnosis lebih memiliki banyak manfaat positif. Salah satunya yaitu terapi menggunakan teknik hipnosis atau yang biasa disebut hypnotherapy.

Pra-UKM Hypnomorphosis Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang mengadakan seminar Hypnotherapy untuk Kesehatan pada Sabtu (13/5) di ruang 402 lantai 4 Gedung Antonius Unika Soegijapranata Semarang. Seminar pertama yang diadakan Hypnomorphosis ini mengambil tema “Healthy Mind, Healthy Life with Hypnosis” yang dihadiri hampir 100 orang peserta dari berbagai universitas seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, dan Stikes Widya Husada. Pembicara dalam seminar ini adalah Kuriake Kharismawan yang merupakan seorang psikolog dan pakar hypnotherapy serta Dr. F. Melianie Suhendro.

“Tujuan diadakannya seminar ini agar orang-orang di sekitar mengetahui bahwa ilmu hipnosis tidak hanya dapat digunakan sebagai hiburan tetapi juga dapat sebagai pendidikan dan kesehatan,” ujar Ivan selaku ketua acara seminar hypnotherapy ini.

Dalam sesi pertama, seminar dibawakan oleh Dr. F. Melianie Suhendro yang menjelaskan tentang stres dan dampaknya terhadap fisiologis tubuh. Sedangkan pada sesi kedua, bapak Kuriake yang juga merupakan dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata menjabarkan lebih jelas tentang pengaruh hipnosis dan hipnotherapy dalam mengatasi stres dan masalah kesehatan lainnya.

Hipnosis sering kita alami, yaitu ketika fokus pada suatu hal atau objek. Hipnosis dapat menghentikan perilaku merokok melalui hypnotherapy yang dilakukan oleh pecandu rokok. Selain itu, pasien yang mendapatkan hypnotherapy mengalami rasa sakit lebih rendah daripada pasien yang tidak mendapatkan hypnotherapy. Karena itu, jika ada kasus dimana pasien mengalami alergi atau kebal terhadap obat bius, maka hypnotherapy dapat membantu dalam proses pembedahan dengan menghilangkan rasa sakit. Peserta seminar diajak untuk merasakan bagaimana relaksasi dan mempraktikkan bagaimana melakukan relaksasi terhadap orang lain.

Dengan melihat antusiasme yang besar terhadap acara seminar pertama Hypnomorphosis ini, Ivan menuturkan bahwa pasti akan ada acara-acara lain seperti workshop atau seminar yang akan diadakan Hypnomorphosis ke depannya. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui informasi seminar atau workshop dari Hypnomorphosis atau informasi-informasi menarik terkait hipnosis, dapat mengakses kontak Hypnomorphosis melalui official account Line @oac2265u. (SF)

Kategori: ,