AKSI TEATRIKAL MAHEPALA PERINGATI HARI BUMI
Selasa, 2 Mei 2017 | 14:54 WIB

Semakin banyaknya sampah di bumi berarti menunjukkan semakin banyak pula yang tidak sadar dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Banyak  orang yang membuang sampah sembarangan dan secara tidak langsung mereka telah menjadi pendonor sampah di lingkungan dan menjadi pemicu pencemaran lingkungan dan bencana terutama banjir. Untuk mengurangi adanya sampah yang ada di lingkungan kita membutuhkan kesadaran dari pribadi manusia terutama generasi muda agar lebih waspada dan peduli terhadap lingkungan.

Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Pencinta Alam (MAHEPALA) adalah UKM yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Unika Soegijapranata yang bergerak di bidang pencinta alam. Dalam rangka memperingati hari Bumi pada tanggal 22 april 2017 yang diselenggarakan pada Jumat (21/4) MAHEPALA  mengajak dan merangkul organisasi mahasiswa yang ada di Unika Soegijapranata untuk berpartisipasi dalam hal peduli lingkungan. Kegiatan ini bertema “ SAVE OUR PEOPLE” (SOP) yang dikemas dengan serangkaian acara yaitu arak-arakan pemain teater yang disertai pengambilan sampah yang berada dilingkungan kampus. Acara dilanjutkan dengan penampilan teatrikal di selasar Thomas Aquinas dan dilanjutkan penanaman bibit pucuk merah di area parkiran mobil.

“Pesan moral yang kami sampaikan dari teater yang berjudul “ SampahMu Hancurkan Bumi Kita” yaitu  mengajak penonton dan ormawa yang ada di Unika Soegijapranata untuk meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan sekitar terutama sampah yang kita konsumsi sendiri. Dalam teater ini kami  menceritakan Bumi yang awalnya baik adanya kemudian dirusak oleh setan yang menggambarkan manusia yang tidak bertanggung jawab. Setelah itu muncul malaikat yang menolong Bumi yang dibantu oleh manusia yang masih peduli dan pada akhirnya Bumi kembali membaik. Dalam teater ini diperankan oleh anggota MAHEPALA dan Bapak Heru dari petugas kebersihan di Unika yang dipersiapkan dari 1 bulan yang lalu yang dilatih oleh Yulius Adi (Anggota Purna MAHEPALA) dan Fransiskus Andhika P (Anggota Aktif Mahepala)” jelas Mutiara Ayu sebagai Ketua Acara SOP.

Kegiatan SOP 2017 yang diselenggarakan oleh MAHEPALA yang sekarang diketuai oleh Nadya Selly tidak berakhir pada tanggal 21 April 2017 saja, namun ini sebuah langkah awal dari kegiatan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan dengan menjalankan Satpam kebersihan yang bertugas mengingatkan mahasiswa yang membuang sampah sembarangan. MAHEPALA mohon partisipasi dan dukungan dari keluarga besar Unika Soegijapranata untuk peduli lingkungan. (F Andhika Putra – FEB)

Kategori: ,