Unika Job Fair Manfaatkan Aplikasi yang Lebih Langkap
Rabu, 26 April 2017 | 14:47 WIB

Job fair atau bursa kerja yang diadakan oleh suatu instansi selalu memberikan peluang besar kepada berbagai pihak, baik itu kalangan profesional maupun kepada mahasiswa yang baru saja menyelesaikan kuliahnya. Berkaitan dengan hal tersebut , Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Semarang melalui UPT Soegijapranata Student Career Centre (SSCC) menyelenggarakan Unika Job Fair periode ke XXV pada Kamis dan Jumat (20-21/04).

Acara yang bertempat di Auditorium lantai 3 gedung Albertus ini secara simbolik dibuka oleh Dr. Ridwan Sanjaya, SE, S.Kom, MS. IEC selaku Wakil Rektor IV bidang kerjasama dan pengembangan dengan melakukan pemotongan pita di pintu masuk ruang auditorium. Dalam sambutannya, Dr. Ridwan Sanjaya menjelaskan bahwa kegiatan Unika Job Fair yang sudah diadakan sejak 13 tahun yang lalu ini merupakan bentuk pertanggung-jawaban pihak universitas kepada mahasiswanya yang telah lulus studi. Tidak hanya sekedar menerima mahasiswa yang masuk menimba ilmu, tetapi Unika juga mengantarkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk bisa bekerja setelah lulus kuliah.

“Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban universitas kepada mahasiswa yang lulus. Tidak hanya sekedar menerima mahasiswa yang masuk tetapi kami juga mengantarkan mahasiswa keluar (yang telah lulus)” ujar Dr. Ridwan.

Job Fair ke XXV berbeda

Lenny Setyowati, SS selaku Kepala UPT SSCC Unika Soegijapranata menjelaskan bahwa kegiatan Unika Job Fair yang diikuti oleh 29 perusahaan dan 33 stand ini sangat berbeda dengan Job Fair periode ke XXIV yang lalu. Jika periode ke XXIV yang lalu para pencari kerja bisa mendaftarkan melalui website Sintak Unika, pada periode ke XXV ini para pencari kerja baik dari alumni Unika maupun dari universitas lain bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi online berbasis android di playstore yakni aplikasi Unika Job Fair.

Aplikasi Unika Job Fair ini selain bisa untuk mendaftar bekerja, juga bisa untuk mengakses informasi pekerjaan yang dishare oleh pihak SSCC setiap harinya. Untuk alumni Unika sendiri, aplikasi ini memiliki keunggulan yakni menyimpan track record /segala jenis kegiatan keaktifan mahasiswa selama berkuliah serta prestasi prestasinya dan telah divaliadasi oleh Wakil Dekan II bidang akademik.

Selanjutnya track record tersebut yang telah tersimpan bisa menjadi bahan pertimbangan suatu perusahaan apakah akan menerima para pencari kerja terebut atau tidak.

Acara Unika Job Fair ini ternyata tidak hanya diikuti oleh mahasiswa alumni Unika saja, tetapi mahasiswa alumni dari universitas lain pun hadir dalam Jobfair ke XXV ini, termasuk diantaranya mahasiswa alumni dari salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. (Holy)

Kategori: ,