Unika adakan Sex Education di SMA N 1 Semarang
Selasa, 4 April 2017 | 10:33 WIB

Seminar Sex Education1Pada hari Kamis (30/3), BEM Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata telah mengadakan seminar sex education bertema “Let’s Save Our Self” yang bertempat di SMA Negeri 1 Semarang. Seminar sex education ini diadakan sebagai salah satu rangkaian acara dari Sinergi 2017.

Sinergi atau Ekspresi Seni dan Olahraga Warga Psikologi, merupakan salah satu program kerja BEM Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang setiap tahunnya secara rutin diselenggarakan. Sinergi tahun ini terdiri dari rangkaian acara berupa seminar sex education yang diadakan pada tanggal 30 Maret 2017, Popsi atau pekan olahraga psikologi yang berlangsung pada tanggal 25-26 April 2017, dan pentas seni dan expo yang berlangsung pada tanggal 20 Mei 2017.

Seminar sex education di SMAN 1

“Kita memilih lokasi penyelenggaraan seminar sex education di SMA Negeri 1 Semarang  karena SMA Negeri 1 Semarang dianggap sebagai salah satu sekolah yang memiliki pengaruh positif yang besar, sehingga diharapkan dengan diberikannya sex education kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Semarang, ilmu yang didapat ini dapat tersebar ke banyak orang dan dapat mengurangi angka kekerasan seksual yang dapat terjadi di masa yang akan datang,” jelas  Tiffany Valentia Nugroho selaku ketua panitia Sinergi 2017.

Pembicara yang dihadirkan adalah Christa Vidya Rana Abimanyu, S.Psi., M.Psi, yaitu salah seorang dosen dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang mengampu mata kuliah Seksualitas Manusia dan Kesehatan Reproduksi. Sesi seminar pun berjalan dengan sangat apik  karena adanya komunikasi yang baik antara pembicara dengan para peserta, serta isi seminar yang disajikan dengan banyak cara, seperti penggunaan data faktual dan teori yang ada untuk memberi gambaran yang jelas pada peserta mengenai kasus kekerasan seksual, cara-cara pencegahan terjadinya kekerasan seksual dan solusi yang dapat digunakan ketika terjadi kasus kekerasan seksual. Selain itu  juga diberikan kontak-kontak penting yang terkait dengan kasus kekerasan seksual, seperti nomor darurat, nomor telepon LSM tertentu, dan juga nomor telepon Center for Trauma Recovery milik Unika Soegijapranata.

“Diadakannya seminar sex education sebagai salah satu rangkaian acara Sinergi 2017 memiliki tujuan untuk membawa visi dan misi fakultas. Selain itu tema sex education ini dipilih karena adanya keprihatinan dengan maraknya kasus kekerasan seksual yang sering terjadi dewasa ini dalam masyarakat,”imbuhnya.

Tiffany berharap semua rangkaian acara Sinergi 2017 dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta dapat membawa manfaat ke banyak orang karena meskipun Sinergi 2017 merupakan “pesta”nya mahasiswa Fakultas Psikologi, namun mahasiswa Fakultas Psikologi juga diajak untuk berani bertindak membawa manfaat yang baik di luar Fakultas Psikologi maupun di luar Unika Soegijapranata. (Ian)

Kategori: ,