TINGKATKAN KUALITAS SDM, PEMERINTAH TAWARKAN BEASISWA UNGGULAN
Jumat, 21 April 2017 | 14:27 WIB

Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyusun rencana yang dibentuk dalam VISI 2025 yakni menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan basis kekuatan dunia sekaligus mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi yang inklusif dan berkelanjutan.  Diprediksi  pula angka usia produktif masyarakat Indonesia pada tahun mendatang sebesar 70%, hal ini berarti membawa kemungkinan bahwa Indonesia bisa mewujudkan visi tersebut. Dan dalam rangka  mewujudkannya, pemerintah berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Indonesia melalui berbagai cara, salah satunya adalah pemberian beasiswa. Beasiswa yang dimaksud adalah Beasiswa Unggulan, yang diberikan oleh pemerintah dan diperkenalkan melalui sosialisasi yang dilaksanakan pada hari selasa (4/4) di ruang  teater, gedung  Thomas Aquinas Unika Soegijapranata.

Turut hadir sebagai pembicara dalam acara sosialisas tersebut yakni Dr. Musa Yosep, S.Ip, M.Ak selaku Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretarisat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional RI yang mengungkapkan bahwa peluang mendapatkan beasiswa untuk studi semakin terbuka buat siapa saja. Tidak hanya guru atau dosen yang dapat mengajukan, bahkan masyarakat umum juga bisa mengakses beasiswa yang disediakan oleh pemerintah melalui beasiswa Unggulan ini.

“ Banyak perubahan dinamika yang terjadi dalam masyarakat kita terutama dalam segi teknologi yang memanjakan diri. Teknologi yang dibuat kebanyakan adalah dari generasi muda, hal ini berarti bahwa generasi muda memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuannya. Hal inilah yang ditangkap oleh pemerintah untuk mengembangkan kualitas SDM melalui pemberian beasiswa khususnya Beasiswa Unggulan. Peluang dalam mendapatkan beasiswa ini juga bisa dibilang sangat luas karena belum banyak yang tahu dan pemerintah menggelontorkan banyak dana untuk pendidikan di tingkat Sarjana, Magister, dan Doktor,” ungkap Musa.

Setiap tahun dana untuk beasiswa unggulan ini selalu ditambah karena animo yang cukup tinggi. Namun sayangnya untuk tingkat doktoral belum terserap secara maksimal dibandingkan dengan 2 jenjang pendidikan yang lain. Hal ini membuktikan bahwa kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini terbuka lebar bagi seluruh kalangan masyarakat.

“Sumber daya Alam yang ada di Indonesia melimpah, SDM juga melimpah namun kita masih tertinggal dalam hal teknologi industri. Maka, Manfaatkanlah kesempatan yang ada dalam hal ini beasiswa dengan baik-baik. Cermati bagaimana jadwal dan persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan beasiswa. Melalui Beasiswa Unggulan ini diharapkan dapat menciptakan kader-kader pemimpin masa depan berkualitas yang dapat mengembangkan seluruh aspek kehidupan yang ada di Indonesia, birokrasi dapat terisi dengan orang-orang pilihan yang memiliki karakter serta kemampuan yang mumpuni” tutup Musa. (Ign)

Kategori: ,