Terbitkan Buku dan Artikel Ilmiah Selama Kuliah
Rabu, 26 April 2017 | 11:09 WIB

Aprilia Ratna Christanti mahasiswi kelahiran 1 April 1995 yang akrab dipanggil April ini merupakan penerima Beasiswa Unggulan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Wanita yang mengambil kuliah di Program Studi S-1 Sistem Informasi dengan konsentrasi Game Technology ini berhasil menyelesaikan studinya di bulan kelahirannya dengan predikat wisudawan terbaik. Ia tidak menyangka dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun dan bisa menjadi wisudawan terbaik di program studinya.

Semua itu tentunya tidak diperolehnya secara cuma-cuma dan bukan faktor keberuntungan semata. Untuk dapat memperoleh prestasi ini, April menanamkan prinsip dalam dirinya yaitu berani mengambil kesempatan guna meningkatkan kemampuan namun juga bertanggung jawab atas pilihan yang diambil. Karena jika hanya berani mengambil suatu kesempatan tetapi tidak dapat dipertanggungjawabkan, baginya, adalah sia-sia.

Prinsip tersebut yang membuatnya selalu aktif saat masa kuliah, seperti terlibat dalam beberapa penelitian dosennya Dr. Ridwan Sanjaya, menulis buku “Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android” yang diterbitkan oleh penerbit dari Kelompok Kompas-Gramedia, dan aktif menulis artikel ilmiah di bidang Game Technology baik di lingkup nasional serta internasional. Dalam kegiatan organisasi, April pernah menjadi pengurus Game Club 2015/2016 di tingkat program studi serta menjadi co-trainer ATGW 2014 dan Sahabat Unika di tingkat universitas.

Suka duka yang ia rasakan selama menempuh perkuliahannya dirasakan sejak pertama kali diajak dalam penelitian bersama dosen. Saat itu diminta menjadi asisten pengajar dalam workshop di SMA Kebon Dalem. Tawaran lain yang muncul berupa kesempatan menulis artikel ilmiah tingkat nasional di SNIK UNNES 2015.

April mengaku, awal mulanya ia merasa kesulitan dalam penulisan namun akhirnya mampu mempresentasikannya di depan umum. Sejak saat itu, ia terus ketagihan menulis artikel ilmiah sampai ke tingkat internasional. Hal itu menjadi kepuasan tersendiri baginya karena bisa berbagi pengalaman sekaligus belajar dari yang lain.

Skripsi yang disusunnya merupakan bagian dari penelitian bersama dosennya Dr. Ridwan Sanjaya dan dosen Fakultas Ilmu Bahasa dan Seni, Dr. Cecilia Titiek Murniati. Salah satu artikel ilmiah yang dihasilkan bahkan terindeks di Scopus, yang merupakan salah satu pangkalan data pustaka dengan reputasi dunia.

Dalam hal pemrograman, April juga pernah terlibat dalam pembuatan aplikasi game berjudul “Food Titan” yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Karya lainnya adalah sebuah framework pembuatan game secara kelompok yang digunakan untuk pembelajaran kolaboratif.

April mempunyai pesan untuk teman-temannya, yaitu “Pantang menyerah, teruslah berusaha maksimal melalui kerja keras dan tanggung jawab. Jangan lupa untk selalu berdoa, niscaya kita akan menemukan jalan”. (VaVa)

Kategori: ,