Pentingnya Mengelola Reputasi Digital Perusahaan
Kamis, 6 April 2017 | 14:41 WIB

Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami LuhurKetika dunia usaha terlambat menyikapi perubahan terutama dalam teknologi maka yang terjadi hanyalah terkejut-kejut melihat bisnisnya memudar dalam waktu yang singkat.Tetapi jika dengan tangkas menyesuaikan maka kanal-kanal bisnis baru akan tercipta untuk menggantikan kanal lain yang mulai menurun.

Hal tersebut menjadi pembahasan dalam workshop EduKadin “Impactful Social Media Marketing” yang menhadirkan narasumber Dosen Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya.

Menurut Ridwan, dunia usaha memerlukan model segitiga BCS yang menggabungkan konsep Brand Marker, Contents Creation dan Social Connection dalam bisnisnya. Dalam konsep Brand Marker, reputasi perusahaan harus tergarap dengan baik di internet dengan mengelola secara serius situs-situs sumber informasi yang umum digunakan seperti Wikipedia dan Google Map sehingga masyarakat dapat dengan mudah menemukan keberadaannya ataupun saat akan menghubunginya.

Pada konsep Contents Creation, Ridwan menekankan pentingnya kreativitas dalam menghasilkan berbagai informasi dalam bentuk tertulis maupun multimedia sehingga dapat mengajak masyarakat untuk melihat kekuatan maupun potensi perusahaan dalam bentuk kabar baik. Dalam penyusunan kabar baik tersebut, strategi Blue Ocean perlu diterapkan agar menjauhkan perusahaan dari narsisme yang kontraproduktif.

Perusahaan juga harus menyadari bahwa karyawan dan konsumen merupakan aset yang sangat penting dalam pengembangan dan keberhasilan.

Sedangkan konsep Social Connection tetap melihat pentingnya hubungan dengan masyarakat melalui berbagai bentuk komunikasi yang tersedia. Tidak hanya sekedar satu arah, tetapi juga dilakukan secara dua arah. Salam atau sapaan kepada konsumen menjadi kunci agar kabar baik yang dibagikan oleh perusahaan dapat tertangkap oleh konsumen dan dibagikan kepada yang lain.

Menurut Direktur Edukadin Agustina Devi, tema yang diangkat oleh EduKadin ini merupakan kebutuhan dan masukan dari kalangan dunia usaha yang semakin ingin tahu pada perkembangan dunia digital akhir-akhir ini. Tema teknologi menjadi salah satu andalan EduKadin selain tema-tema workshop kepemimpinan dan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan dan perpajakan, bisnis ekspor dan impor, serta Public Relations. (►http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: