Menjadi Pribadi Yang Kuat
Rabu, 26 April 2017 | 10:12 WIB

Arthur, begitu nama panggilan akrab dari Arthur Huwae. Salah satu mahasiswa Magister Profesi Psikologi yang terpilih menjadi wisudawan terbaik periode I tahun 2017.

Pria kelahiran Ambon, 4 Agustus 1992 dan penyuka traveling menyelesaikan Thesis nya dengan judul “HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PEMBOLOSAN SISWA PENERIMA BEASISWA ADEM” dan dengan IPK 3,61.

Saat menyelesaikan tugas akhir, bagi dia tidak ada halangan yang berarti. Setelah menyelesaikan studinya di S2, menurutnya memiliki perencanaan untuk studi lanjut ke jenjang berikutnya.

Saat ditemui, awalnya sempat tidak percaya menjadi salah satu wisudawan terbaik, “Kaget dan tidak percaya kalau saya yang menjadi salah wisudawan terbaik dari program studi Magister Profesi Psikologi. Namun di sisi lain saya bersyukur bahwa dibalik kekurangan saya yang masih begitu banyak, ada cahaya kebahagiaan yang saya peroleh dalam menempuh studi di program Magister Profesi Psikologi UNIKA Soegijapranata” ujar anak dari pasangan  Willem Huwae dan Ny. Agustina Patty-Huwae, M.Pd.

‘Pribadi yang kuat adalah pribadi yang mampu bangkit kembali setiap kali ia terjatuh, karena ia tahu kalau dengan usaha akan menjadikannya sebagai manusia yang bermanfaat.’ begitulah motto dalam hidupnya.

Lebih lanjut, Arthur juga memberikan tips agar menjadi terbaik dari yang terbaik yakni (1) Membuat study comitment (2) Bereksistensilah dengan komitmen yang sudah dibuat (3) Lakukan dan selesaikan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh (4)  Bangunlah kekerabatan/hubungan dengan siapa saja, karena dari orang lain kita akan lebih mengenal siapa diri kita sesungguhnya, dan menambah khasanah pengetahuan yang tidak akan pernah kita peroleh dari sumber buku/teks bacaan lainnya (5) Jangan takut gagal. Jika gagal coba lagi, karena individu yang ingin sukses adalah individu yang membuka diri untuk terus belajar dari setiap kegagalan maupun keberhasilan yang dialaminya.

“Untuk orang tua, terima kasih banyak untuk setiap moment suka dan duka yang kita alami bersama. Untuk teman-teman seperjuangan,  selama kita masih ada di dunia ini, ilmu pengetahuan tidak akan mati. Untuk itu, tetap semangat dan teruslah berjuang di dalam setiap proses yang kita alami, karena sukses telah menanti kita di depan dan kebahagiaan akan selalu bersama kita,” tutupnya (adj)

Kategori: ,