Mahasiswa Unika Soegijapranata Tulis Buku Broadcast Berbasis Internet
Senin, 3 April 2017 | 8:04 WIB

Inovasi adalah kunci kesuksesan bagi setiap orang yang ingin berhasil. Mengandalkan sumber daya yang tersedia tanpa adanya inovasi tentulah membuat suatu karya yang dihasilkan menjadi kurang maksimal.

Bermula dari kecintaannya pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Soepra, Naftalita Calista Putri dan Edwin Leonardo membuat karya untuk UKM yang menjadi salah satu primadona di lingkungan Unika Soegijapranata Semarang dengan didampingi oleh Dr. Ridwan Sanjaya, S.E, S.Kom, MS.EIC. Karyanya berupa buku berjudul “Mudah Membuat Siaran TV Berbasis Internet dan Peluang Finansialnya.”

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer tersebut berusaha untuk membuat inovasi terhadap UKM Radio Soepra Unika yang saat ini masih mengandalkan streaming melalui website dan aplikasi ke langkah yang lebih maju menjadi UKM yang bergerak dalam streaming TV berbasis Internet.

“Awalnya kami diajak oleh Dr. Ridwan Sanjaya selaku Wakil Rektor IV untuk mengembangkan UKM Radio di Unika Soegijapranata. Kebetulan Dr. Ridwan juga pembimbing UKM tersebut. Kami melihat dengan menggunakan streaming dan aplikasi saja kurang menarik perhatian audience untuk mendengarkan siaran, oleh karena itu kami bersama Dr. Ridwan Sanjaya berusaha berinovasi untuk mengembangkan teknologi dari streaming biasa menuju ke TV menggunakan fitur youtube,” tutur Naftalia kepada pers di kampus Unika kawasan Bendan Duwur, Jumat (31/03/2017).

Menurut kedua mahasiswa ini, siaran melalui youtube dipandang memiliki pengaruh besar dan animo yang lebih tinggi bagi kalangan anak muda,  mengingat streaming dengan visual jauh lebih menarik daripada hanya sekedar streaming suara yang biasa dilakukan oleh UKM Radio. Selain itu, melalui siaran dengan TV Youtube juga dapat memperkenalkan kepada publik mengenai UKM Radio yang ada di Unika dan bisa meningkatkan minat audience untuk mengenal serta mengikuti lebih jauh kegiatan yang ada di Soepra Radio ini.

Melalui Trial and Error

Tak semua perjalanan selalu lurus dan mudah dilalui, begitu pula dalam proses pembuatan buku yang dilakukan Edwin Leonardo dan Naftalita Calista. Kedua mahasiswa ini juga menemui berbagai hambatan dan tantangan, salah satunya mereka harus memulai dari nol untuk bisa mempelajari bagaimana membuat siaran dengan aplikasi serta fitur youtube tersebut.

“Awal membuat buku tersebut kami harus memulai dari nol karena kami juga belum mengenal bagaimana cara membuat buku. Selain itu kami juga melakukan trial and error untuk menemukan bagaimana cara menggunakan youtube dan melihat finansialnya. Kami juga melakukan sharing dengan orang yang terbiasa dengan menggunakan youtube (Youtubers) sampai akhirnya kami menemukan bagaimana menciptakan karya yang bisa digunakan oleh masyarakat umum terutama untuk Soepra Radio,” jelas Edwin.

Dalam penulisan bukunya, mereka selalu dibimbing oleh Dr. Ridwan Sanjaya untuk menyelesaikan buku tersebut, baik tata tulis maupun arahan mengenai bahan yang harus dipelajari, yang selanjutnya mereka explore sendiri dengan proses yang sudah diceritakan. Kedua mahasiswa ini berharap buku yang telah dihasilkan bisa diterapkan pada UKM Radio Soepra untuk berinovasi dan berkembang lagi. Serta bagi  masyarakat umum yang berminat dalam dunia broadcasting bisa memanfaatkan peluang teknologi yang sedang maju saat ini. (►http://www.kampussemarang.com)

Kategori: