Mahasiswa Unika Hasilkan Buku Berbasis Internet
Rabu, 26 April 2017 | 10:40 WIB

WWS 1_4_2017 Mahasiswa Unika Hasilkan Buku Berbasis Internet Berawal dari inovasi terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Soepra Unika, yang masih mengandalkan streaming melalui website dan aplikasi. Dua mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang yakni Naftalita Calista Putri dan Edwin Leonardo, mencoba langkah yang lebih maju menjadi UKM yang bergerak dalam streaming TV berbasis Internet.

"Awalnya kami diajak oleh Dr Ridwan Sanjaya selaku Wakil Rektor IV untuk mengembangkan UKM Radio di Unika Soegijapranata. Beliau kebetulan juga menjadi pembimbing UKM tersebut. Kami melihat bahwa dengan menggunakan streaming dan aplikasi saja, kurang menarik perhatian audience untuk mendengarkan siaran. Untuk itu, kami berinovasi untuk mengembangkan teknologi dari streaming biasa menuju ke TV menggunakan fitur youtube," papar Naftalita.

Edwin menambahkan; siaran melalui youtube tersebut dipandang memiliki pengaruh besar dan animo, yang lebih tinggi bagi kalangan anak muda. "Hal ini karena streaming dengan visual jauh lebih menarik, daripada hanya sekedar streaming suara yang biasa dilakukan oleh UKM Radio. Selain itu, melalui siaran dengan TV Youtube, juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan Radio Soepra kepada masyarakat. Harapannya, minat audience untuk mengenal serta mengikuti lebih jauh kegiatan yang ada di Soepra Radio ini juga semakin meningkat," terangnya.

Seluk beluk dan perjuangan dalam mewujudkan hal tersebut, mereka tuangkan dalam buku berjudul Mudah Membuat Siaran TV Berbasis Internet dan Peluang Finansialnya. "Tidak mudah bagi kita untuk memulai membuat buku ini, sebab kita harus memulai dari nol untuk bisa mempelajari bagaimana membuat siaran dengan aplikasi serta fitur youtube tersebut. Selain itu, kami juga melakukan trial and error untuk menemukan cara, bagaimana menggunakan youtube dan melihat finansialnya,"lanjutnya.

Untuk memperkuat penulisan, mereka juga tidak segan bertanya dan berbagi dengan praktisi afau orang yang sering menggunakan youtube (youtubers-red). "Dalam penulisan buku ini, kita juga selalu dibimbing oleh Dr Ridwan Sanjaya agar bisa segera menyelesaikannya. Kami berharap buku yang telah kami hasilkan bisa diterapkan pada UKM Radio Soepra,untuk berinovasi dan berkembang lagi. Serta
bagi masyarakat umum yang berminat dalam dunia broadcasting bisa memanfaatkan peluang teknologi yang sedang maju saat ini," pungkasnya.

(â–ºWawasan, 1 April 2017 hal. 11)

Kategori: