Mahasiswa Unika Belajar Berwirausaha Melalui KKU
Senin, 3 April 2017 | 17:30 WIB

31 Maret-Pembekalan KKU (1)Untuk menjadi wirausahawan, mahasiswa perlu dibekali kemampuan praktis yang mencakup keterampilan menerapkan Ipteks yang dipahami, keahlian manajemen dan pemasaran serta adopsi inovasi teknologi. Pengalaman ini dapat diperoleh mahasiswa melalui Kuliah Kerja Usaha (KKU). Melalui KKU, mahasiswa diajak untuk belajar bermasyarakat, belajar berwirausaha, belajar menjalankan usaha dari mitra UMKM, belajar mengeluarkan pendapat, ide, serta gagasan berkaitan dengan unit usaha yang mereka dampingi.

Sebelum dilepas untuk melaksanakan program KKU, Unika Soegijapranata pada tanggal 30-31 Maret 2017 telah mengadakan pembekalan bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan KKU periode II tahun akademik 2016/2017 di ruang teater gedung Thomas Aquinas lantai 3.

Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan  merupakan sarana untuk menjadi lebih solid dalam kelompok yang terdiri dari mahasiswa berbagai fakultas dan program studi. Selain itu, selama 2 hari ini mahasiswa diharapkan dapat saling mengenal dan menjadi tim yang kompak sehingga dapat menjalankan program dengan baik.

“Walaupun mereka berada dalam satu wilayah Unika, tapi secara emosional mahasiswa yang berbeda fakultas dan program studi ini tidak kenal satu sama lain. Karena itu pembekalan ini bertujuan untuk membuat mereka mengenal satu sama lain. Intinya adalah bagaimana membangun tim yang baik dan solid melalui program dinamika kelompok. Program ini tidak hanya berisi game, tapi game yang mencerminkan leadership, bagaimana membangun tim yang solid, bagaimana membangun komunikasi yang baik, dan bagaimana memanagemen konflik,” ujar Rudy Elyadi, S.E, M.M selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan KKU 2017.

Selain soft skill berupa cara-cara membangun tim yang baik, pembekalan ini juga berisi hard skill yaitu pemahaman tentang UMKM, persoalan umum soal UMKM, dan solusi terhadap persoalan tersebut. Para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan selama pembekalan ketika mereka akhirnya berada di situasi nyata saat KKU.

KKU dilaksanakan selama kurang lebih 10 minggu. Tujuan dari KKU ini agar mahasiswa dapat belajar berada di masyarakat dan membagikan pengetahuan yang mereka peroleh selama kuliah. (SF)

Kategori: ,