LKTD FHK Bentuk Karakter Pemimpin Pada Mahasiswa
Selasa, 4 April 2017 | 11:49 WIB

LKTD FHK 2017LKTD atau Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru Unika Soegijapranata, dan menjadi salah satu syarat untuk mengikuti skripsi. Disisi lain LKTD juga untuk melatih mahasiswa agar lebih paham mengenai sistem kepemimpinan.

Beberapa waktu lalu Fakultas Hukum Dan Komunikasi (FHK) mengadakan kegiatan LKTD selama 3 hari mulai hari Kamis – Sabtu, tanggal 30 Maret – 1 April 2017 bertempat di Yon Arhanude Semarang. Kegiatan LKTD tahun  ini  berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya, karena kegiatan LKTD tahun ini lebih menekankan pada kedisiplinan dan melatih serta mengenalkan para mahasiswa dengan sistem kedisiplinan layaknya militer.

Kedisiplinan ditunjukkan dalam beberapa bentuk, seperti misalnya cara makan dan waktu yang dibatasi,  latihan baris berbaris dengan rapi, kepemimpinan dalam bentuk permainan ular tangga raksasa dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan membentuk jiwa kepemimpinan sesuai dengan tema LKTD 2017 “Real Leader Never Surrender”.

Rotumiar Pasaribu, SSi., MIKom selaku dosen pembimbing LKTD juga membekali para mahasiswa dengan materi kepemimpinan, ”Ada beberapa jenis kepemimpinan yang perlu kita ketahui diantaranya adalah Demokratis, Otoriter dan Kepemimpinan bebas. Dari masing-masing jenis kepemimpinan ini tentu memiliki ciri-ciri tersendiri,” jelasnya.

Selain kedisiplinan, dalam LKTD ini para mahasiswa juga dilatih untuk berani berbicara di depan umum pada sesi public speaking, dan beropini pada sesi merancang kegiatan bersama dalam kelompok atau ormawa serta membahas masalah yang masih ada di sekitar Fakultas Hukum dan Komunikasi.

“Jika saya dikasih tiket untuk masuk kedalam Ormawa, saya lebih memilih HMPS Ilmu Komunikasi karena nanti secara bertahap mulai dari HMPS akan berkembang ke BEM dan Senat,” tutur Chika sebagai salah satu peserta LKTD.

Pada sesi akhir, peserta diajak untuk merefresh rasa lelah dengan bermain outbond dan pengesahan kegiatan LKTD dengan melakukan pemasangan PIN LKTD sebagai tanda secara resmi peserta sebagai calon pemimpin di waktu yang akan datang. (R.Jeff)

Kategori: ,