Jamu, Tarik Mahasiswa Asing Belajar Di Indonesia
Jumat, 7 April 2017 | 8:55 WIB

Kantor Sekretariat Beasiswa Unggulan dan Dharmasiswa, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan kunjungan ke Unika Soegijapranata Semarang, untuk melihat proses belajar para mahasiswa asing Program Dharmasiswa di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika.
"Tiap tahunnya Kemdikbud melalui Program Dharmasiswa memberikan 650 beasiswa pada mahasiswa asing untuk studi beberapa semester di 50 perguruan tinggi (PT) di Indonesia," kata Musa Yosep, SIp, MAk dari Kantor Sekretariat Beasiswa Unggulan dan Dharmasiswa.

Musa Yosep menjelaskan seleksi beasiswa berdasarkan peminatan mahasiswa, selanjutnya oleh PT calon  penerima mahasiswa asing menyeleksi berdasarkan aspek akademik dan kemampuan adaptasi para mahasiswa asing. Dari 50 PT Indonesia yang bersedia menerima mahasiswa asing, Unika Soegijapranata menempati peringkat ke-3 sebagai PT paling banyak dipilih oleh calon mahasiswa asing.
Menurut Musa Yosep, Unika memiliki program khas yang ditawarkan calon mahasiswa asing yaitu belajar tentang jamu ditambah belajar bahasa Indionesia dan belajar seni budaya Indonesia. Mahasiswa asing tertarik karena jamu merupakan bagian dari budaya Indonesia serta salah satu varian pengobatan herbal Indonesia yang diajarkan di FTP Unika Soegijapranata.

(►http://krjogja.com)

Kategori: