Gratia Choir Unika Soegijapranata
Kamis, 6 April 2017 | 9:25 WIB

Di kalangan mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang tentunya tidak asing lagi dengan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Gratia Choir. Sesuai dengan namanya, Gratia Choir tentu saja lebih banyak berkiprah dalam kegiatan tarik suara atau paduan suara. Ukm ini  menurut sejarahnya sudah berdiri sejak pertama kali kampus Unika Soegijapranata ada yaitu tahun 1982. Walaupun belum memiliki nama namun kiprahnya sebagai paduan suara Unika sudah diakui sejak dekade tahun 1982 hingga tahun 1990. Baru pada tahun 1991 paduan suara ini resmi diberi nama “Gratia Choir”.

Agustinus Dian Purnadi, selaku ketua UKM Gratia Choir periode tahun 2015 – 2016 menceritakan beberapa hal seputar Gratia Choir antara lain adalah pilihan nama UKM  “Gratia” sendiri yang berarti  “Rahmat”, dengan harapan  keberadaan Gratia Choir benar benar menjadi rahmat dan berkat untuk Unika Soegijapranata maupun untuk Indonesia.

Selain terlibat dalam pelayanan tugas koor misa di kapel Unika dan secara rutin turut terlibat dalam tampilan paduan suara di Wisuda Universitas, Gratia Choir juga telah berhasil mengukir prestasi dalam kancah festival tingkat nasional maupun internasional yang menjadi kebanggaan warga Unika Soegijapranata, antara lain :

Dalam lomba Paduan Suara SAPTA GITA pada bulan Mei 2014 di Universitas Semarang (USM), dengan meraih medali emas untuk kategori umum  dan medali silver untuk kategori female.

Selanjutnya dalam Festival Paduan Suara ITB / PSITB ke-24 pada bulan Januari 2015 di ITB Bandung, Gratia berhasil menyabet medali silver untuk kategori umum dan female.

Pada bulan Agustus 2015 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dalam  Satya Dharma Gita National Choir Fest (SDGNCF) ke-5, Gratia Choir menambah koleksi Medali Emas untuk kategori folklore/ menyanyikan lagu daerah.

Dan yang sangat membanggakan, dalam Singapore Internasional Choral Fest ke-3 pada bulan Agustus 2016 di Singapore, Gratia Choir kembali berhasil mendulang emas dalam festival tersebut pada kategori folklore/ lagu daerah dan medali silver untuk kategori mix youth choir. (Hly)

Kategori: ,