Berkat Kerja Keras dan Pantang Menyerah
Rabu, 26 April 2017 | 10:27 WIB

Judul skripsi “Pengaruh Tata Letak Sampul Majalah Vivi terhadap Tingkat Minat Beli Fashion Blogger Wanita” yang disusun Olivia Eunike Merilyn membuat ia menjadi wisudawati terbaik Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan IPK 3,10. Ia memilih judul ini karena ia melihat beberapa majalah Jepang, poster, website dan lain-lain memiliki layout huruf yang memenuhi halaman dan terkesan tidak menarik. Terlebih ketika judul tersebut justru menutupi produk dan foto modelnya. Alumni SMAK Ricci II Tangerang ini tertarik untuk meneliti apakah dengan layout yang diterapkan, fashion blogger tertarik untuk membeli. Sebagai sampel dalam penelitiannya, ia mengambil majalah remaja Jepang yang bernama Vivi Magazine yang merupakan majalah fashion terkenal di Jepang dan mewawancarai beberapa fashion blogger untuk bahan analisa.

Putri pasangan Sigit Rahardjo dan Dwi Atmi Wiyandari ini sebelumnya merupakan seorang mahasiswi dari universitas swasta di Jakarta dan memutuskan  pindah ke Unika Soegijapranata saat semester 5. Ia bercerita soal pengalaman nya di masa awal ia berada di Unika Soegijapranata dimana ada perbedaan budaya yang jelas antara Jakarta dan Semarang. Ia dapat bersosialisasi dengan baik dan memiliki banyak teman melalui kegiatan-kegiatan yang ia ikuti.

Terkait tantangan selama penyusunan skripsi, Olivia mengatakan bahwa awalnya ia tidak menyukai judul skripsi yang ia kerjakan karena sebelumnya ia memilih judul lain yang kemudian ditolak dosen pembimbingnya karena alasan  tertentu. Olivia sempat ingin menyerah, tetapi pada akhirnya dapat bangkit kembali. Ia kemudian  tetap bersemangat menyelesaikan skripsinya hingga selesai walaupun pada awalnya tidak menyukai judul skripsinya.

Selama penyusunan skripsinya, Olivia bertemu dan mewawancarai beberapa fashion blogger dan biasanya makan bersama selama wawancara tersebut. Pengalaman unik yang dialami Olivia adalah ketika seorang fashion blogger menolak untuk memesan makanan atau minuman karena ternyata café tempat mereka bertemu adalah milik kekasihnya.

“Aku mau mengucapkan terimakasih kepada Tuhan yang selalu mengingatkan aku untuk bersemangat dan mengerjakan skripsi serta tugas kuliah, para fashion blogger yang mau meluangkan waktunya untuk diwawancarai, serta para dosen yang mau memberi nasihat dan masukan serta sabar menghadapiku. Aku juga berterimakasih kepada teman-teman yang sudah mau membantuku dengan sabar. Terimakasih untuk orangtuaku yang mendukung aku selama proses kuliah dan pembuatan skripsiku,” ujar Olivia.

Berkat kerja keras dan semangatnya untuk menyelesaikan kuliah, Olivia berhasil menggapai tujuannya dan menjadi salah satu wisudawan terbaik periode ini. Olivia memberikan suatu kata-kata bijak dari John Green untuk teman-teman yang masih berkuliah. Every year, many, many stupid people graduate from college. And if they can do it, so can you. Selamat untuk Olivia dan semangat untuk selalu berinovasi! (SF)

Kategori: ,