Dalami Ilmu Teknologi Pangan Sambil Kembangkan Bakat
Rabu, 26 April 2017 | 10:56 WIB

Sejak lulus SMA Kristen YSKI Semarang, Debora Rika Angelita atau biasa dipanggil Rika awalnya belum memilih Pendidikan Teknologi Pangan sebagai pelabuhan berikutnya dalam menimba ilmu. Saat itu, ia masih berusaha untuk mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang dokter, tetapi jalan hidupnya berkata lain yang menuntun dirinya menuju Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata.

Mulanya dalam benak Rika, Ilmu Kedokteran dan Teknologi Pangan masih memiliki keterkaitan, karena baik Ilmu Kedokteran dan Teknologi Pangan sama-sama mempelajari gizi dalam makanan. Di satu sisi, anggapan Rika mengenai Ilmu Teknologi Pangan yang hanya sekedar teknik mengolah makanan ternyata salah karena dalam ilmu teknologi pangan, ilmu-ilmu eksakta seperti fisika, kimia,dan biologi dipelajari hingga detail.

Selain mempelajari Ilmu Teknologi Pangan, menginjak semester ke-3, Rika juga mulai mencoba mengembangkan bakatnya dengan menjadi presenter dalam event International Student Conference 2013, panitia International Student Conference dan Food Competition Day  2014, dan sie materi PTMB FTP 2014. Disamping itu, Rika juga cukup aktif dalam kegiatan gereja dengan menjadi Sie Persekutuan Kepemudaan di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Peterongan yang bertugas menyiapkan acara-acara Gereja.

Fakultas Teknologi Pertanian dengan ilmu Teknologi Pangan dan Nutrisi Teknologi Kuliner cukup banyak mengedepankan kegiatan praktikum sebagai salah satu bagian kuliah. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa FTP, Rika masih dapat membagi waktu dengan kegiatan lain di luar bidang akademik. Rika pun menjelaskan bahwa kunci suksesnya adalah dengan membuat prioritas antara tugas, laporan praktikum dan kegiatan kepanitiaan.

Misalnya dalam satu hari, Rika ada kegiatan kepanitiaan seperti rapat dan kegiatan lainnya. Rika pun berusaha supaya segala tugas dan laporan praktikum yang masih menjadi tanggung jawabnya diselesaikan sebelum hari tersebut.

Berbekal prinsip yang ia pegang, Rika pun akhirnya berhasil menjadi wisudawan terbaik Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata dengan IPK 3,92 serta mengambil judul skripsi “Maltodekstrin DE-10 sebagai Enkapsulat Spirulina dalam Formulasi Bumbu Penyedap Granula Sodium Glutamat”.(Cal)

Kategori: ,