Aplikasi Unika Job Fair Mudahkan Pencari Kerja
Senin, 17 April 2017 | 7:31 WIB

Aplikasi Unika Job Fair yang bisa diunduh dari Google Play Store, diperlihatkan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Dr Ridwan Sanjaya bersama Ketua SSCC, Lenny Setyowati, di Gedung Mikael lantai 3 Kampus Unika Soegijapranata, Senin (17/4). (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)Pencari kerja yang mengikuti Unika Job Fair XXV yang digelar Soegijapranata Student Career Centre (SSCC), akan dimudahkan dengan hadirnya aplikasi Unika Jobfair yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Kehadiran aplikasi Unika Jobfair ini menurut Kepala UPT SSCC, Lenny Setyowati, membantu pencari pekerjaan memilih lowongan pekerjaan yang sesuai minat dan kompetensi dibutuhkan perusahaan. Selain memudahkan pencari pekerjaan, juga ada informasi lainnya terkait info karir di SSCC.

“Info karir SSCC akan diberikan secara berkala selama masih menyimpan aplikasi Unika Job Fair. Mendownload aplikasi ini tidak akan rugi, karena selalu mendapat informasi seputar karir,” kata Lenny di Ruang Merah Gedung Mikael lantai III Unika Soegijapranata, Senin (17/4).

Selain info karir, baik yang diberikan SSCC mau pun selama job fair, dalam aplikasi tersebut juga terdapat beberapa jadwal penting dan portal berita kampus.

“Aplikasi sudah bisa didownload, tetapi belum bisa dilihat info kerja dalam pilihan Unika Job Fair. Karena password dan username baru diberikan ketika job seeker datang ke acara Unika Job Fair. Info kerja juga baru kami aktifkan pada saat Unika Job Fair, mulai Kamis-Jumat (20-21/4) mendatang,” tuturnya.

Job fair Unika Soegijapranata ini terbuka untuk umum. Baik mahasiswa Unika mau pun dari masyarakat luar yang sedang mencari pekerjaan. Ia menambahkan, setiap perusahaan yang mengikuti Job Fair Unika biasanya langsung melakukan wawancara dan psikotest serta perekrutan.

“Perusahaan langsung bisa membawa hasil setelah selesai mengelar Job Fair di Unika. Biasanya yang dikirim staf HRD perusahaan tersebut,” tambah Lenny yang menyebut Job Fair akan digelar di Auditorium Gedung Albertus lantai 3.

Sementara Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Dr Ridwan Sanjaya menyatakan, kemudahan mencari kerja juga diberikan kepada lulusan atau calon lulusan kampus tersebut yang sedang mencari kerja.

“Perusahaan mau datang membuka stand dalam Unika Job Fair, karena ingin mendapat sumber daya yang berkualitas dari kampus ini. Tetapi kami tidak menutup pintu kepada lulusan perguruan tinggi lain untuk mengikuti job fair Unika,” tutur Ridwan.

Mahasiswa Unika Soegijapranata yang mencari kerja, sambungnya, bisa memasukkan lamaran melalui Sistem Administrasi Akademik (Sintak) jika ada lowongan pekerjaan yang cocok. Demikian juga perusahaan bisa melihat langsung sejarah mahasiswa tersebut jika ingin merekrut.

“Sejarah mahasiswa tidak hanya diisi riwayat akademik, tetapi juga non akademik. Semua prestasi mahasiswa tercatat dalam Sintak, yang diisi oleh mahasiswa bersangkutan,” tambah Ridwan yang menyebut mahasiswa wajib mengisi Sintak Unika.

Data mahasiswa yang diisi kemudian diverifikasi oleh Wakil Dekan I di Fakultas masing-masing. Sehingga data yang ada, dijamin kebenarannya karena sudah divalidasi oleh masing-masing Wakil Dekan I di Fakultas.

Job fair kali ini selain gratis bagi pencari kerja, juga diikuti 29 perusahaan antara lain Sayap Mas Utama (Wings), Indomarco Prismatama (Indomaret Group), Valbury Asia Futures, BCA, Bank CIMB Niaga, Victory International Futures, Pasar Swalayan Ada, Pura Barutama, Mandalatama Armada Motor, Konimex, BPK Penabur Jakarta, Tong Tji, Jaya Sukses Semesta, Mas Sumbiri, Koperasi Simpan Pinjam Jasa, Asuransi Sinar Mas, Bank Maybank Indonesia, Arta Boga Cemerlang, Indomarco Adi Prima, Duniatex, Alibaba, OPPO, J&T, Mugi, Sumatera Dinamika Utama, Istana Mobil Surabaya Indah, Rifan Financindo Berjangka, Millennium Penata Futures dan Bank Mandiri.

(►http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: