ALWAYS DO YOUR BEST!
Rabu, 26 April 2017 | 10:43 WIB

“Lakukanlah yang terbaik maka hasil yang akan diterima tidak akan mengecewakan, Hasil tidak akan menghianati usaha.  Meskipun sudah melakukan yang terbaik, namun hasilnya belum memuaskan, setidaknya kita telah berusaha dengan baik.” Prinsip hidup yang dipegang oleh Raimund Edwin Gunawan ini mampu membawanya menjadi wisudawan terbaik dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Melalui Judul Skripsi “Perencanaan Suksesi Bengkel ASSA Baru Diesel, alumni SMA Kolese Loyola ini meraih gelar Sarjana Ekonomi pada Wisuda Periode I April 2017 yang akan datang.

Menurutnya, setiap kegiatan atau setiap pekerjaan yang ia kerjakan akan selalu dikerjakannya dengan usaha yang terbaik. Ia selalu menekankan bahwa dalam bekerja harus berdasar niat yang benar dan baik, agar hasil yang dicapai dapat memuaskan,

“Perlu meluruskan niat dan membulatkan tekad dalam mengerjakan segala sesuatu dan ditambah dengan usaha yang terbaik serta doa. Maka hasil yang akan didapatkan akan menjadi baik dan tidak mengecewakan. Jika menabur benih yang baik, maka hasilnya akan mengikuti” ungkap Raimund.

Pria yang lahir di Semarang, 31 Oktober 1994 ini mengambil judul skripsi tersebut karena ia tertarik dengan suksesi dan kebetulan pada usaha bengkel milik pamannya juga sedang dilakukan suksesi. Suksesi sendiri merupakan tahapan dalam mewariskan bisnis keluarga dari generasi satu ke generasi selanjutnya,

“Saya meneliti tentang suksesi karena kebetulan paman saya sedang dalam proses mewariskan bisnis keluarga dalam hal ini adalah Bengkel ASSA Baru kepada anaknya yang tak lain adalah sepupu saya. Keluarga paman saya juga baru pertama kali melakukan suksesi. Untung saja dalam pengerjaan ini tidak menemui kendala yang berarti karena sumber referensi tersedia banyak dan subjek penelitianpun tidak perlu jauh-jauh dan memerlukan izin. Keluarga dan teman-teman menjadi penyemangat saya dalam menyelesaikan skripsi ini” tutur Raimund.

Tidak cukup dengan dunia akademik saja, namun peraih IPK 3,86 ini juga aktif dalam mengikuti berbagai kepanitiaan yang ada di fakultas serta menjadi perwakilan Unika Soegijapranata dalam ajang internasional yakni mengikuti HWMUN pada Tahun 2016 di Roma, Italia.

“Selama berkuliah di Unika, saya mendapakan banyak bekal baik dari sisi soft skill maupun dari hard skill. Dari hard skill sendiri sudah saya dapatkan dari dosen dan sumber-sumber lain yang ada di Unika, jadi ini menjadi bekal saya dalam bekerja nanti. Selain itu Soft-skill yang ada di Unika juga dapat melatih saya bagaimana untuk berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana cara memimpin suatu tim. Saya juga pernah didaulat menjadi perwakilan Unika dalam konferensi PBB yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru dunia dan saat itu saya bersama tim berangkat ke Roma, Italia. Disana saya mendapatkan berbagai macam teman dan pembelajaran bagi kehidupan saya, memberikan kesempatan saya untuk berfikir kritis dan menyampaikan pendapat dalam forum Internasional tersebut.”

Dengan bekal yang didapatkan selama berkuliah di Unika Soegijapranata, Raimund Edwin berencana untuk menggunakan ilmu yang didapatkannya dalam dunia kerja. Ia ingin memanfaatkan ilmu yang dipelajari agar dapat diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari, dan ia juga tidak menampik ketika seusai bekerja bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. (Ign)

Kategori: ,