300 Mahasiswa KKU Unika Siap Entaskan Kemiskinan
Selasa, 4 April 2017 | 16:09 WIB

Kepala LPPM Unika Prof Andreas Lako didampingi WR I Dr Augustina Sulastri sematkan jaket almamater, Selasa (4/4).

Sebanyak 300 mahasiswa semester genap kuliah kerja usaha (KKU) Unika siap ditugaskan selama tiga bulan di sejumlah wilayah yang ada di Kota Semarang. Mereka akan ditugaskan untuk memberi pendampingan kepada warga yang berprofesi sebagai pedagang atau usaha kecil dan menengah (UKM).

Wakil Rektor (WR) I Unika, Dr Augustina Sulastri mengatakan, KKU di Unika harus dipertahankan meski sudah banyak PTS yang sudah menghapus prodi ini. “Mereka banyak yang menyesal atas penghapusan KKU yang sebenarnya banyak manfaatnya untuk mahasiswa dalam melatih kewirausahaan,” pesannya.

Kepala LPPM Unika Prof Andreas Lako menambahkan, mahasiswa KKU Unika nantinya akan bertugas di Gunungpati, Kelurahan Kemijen, Sambiroto, Krapyak, Kelurahan Tanjung Emas, Gisikdrono dan di Yayasan Kuncup Melati Gang Lombok. “Ini juga kerjasama dengan pemkot, dan nantinya ada 100 mitra yang tersebar di berbagi wilayah dan KKU ini tugas akademik yang harus dilaksanakan mahasiswa,” jelasnya.

Dikatakan, tujuan KKU ini adalah hasil nyatanya mahasiswa dapat membantu pengentasan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian warga. Karena mahasiswa KKU saat di wilayah mereka akan memberikan banyak motivasi dan pendampingan agar usaha dagang mereka sukses. “Selain itu mengajak mereka yang belum bisa usaha kemudian diberikan motivasi agar mandiri,” cetusnya.

Senada dikatakan Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika, Rudi Elyadi, pihaknya kerjasama dengan pemkot yakni dinas koperasi yang tujuannya agar warga pedagang mendapatkan kemudahan pinjaman dana. (►http://jatengpos.co.id)

Kategori: