Psikologi Unika Dirikan Pusat Studi Narkoba
Selasa, 21 Maret 2017 | 8:19 WIB

JTP 20_03_2017 Psikologi Unika Dirikan Pusat Studi Narkoba

Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata saat ini sedang membuat kegiatan baru di bidang klinis dan kesehatan. Kegiatan tersebut berupa Center for Addiction Studies (CAS) yang didirikan sejak November 2016 lalu.

“Ini merupakan unit yang mempelajari khusus tentang adiksi. Unit ini dibawah naungan saya sendiri,” terang Wakil Dekan III Fakultas Psikologi Unika, Indra Dwi Purnomo MPsi.

Indra mengatakan, tujuan dari terbentuknya CAS ini untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa kepada upaya penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

CAS diharapkan dapat membuat mahasiswa makin terlibat dan belajar menangani korban adiksi narkoba karena ini ilmu secara akademik yang merupakan fokus poIngembangan di fakultas,” ucapnya.

CAS sendiri, lanjutnya, punya tiga divisi yakni penelitian, education, dan servis. Divisi penelitian akan melakukan penelitian terkait narkoba, sedangkan divisi education akan berkunjung ke sekolah-sekolah dan lembaga masyarakat untuk melakukan edukasi terkait penyalahgunaan narkoba.

“Selain itu, divisi servis akan bekerjasama dengan BNN di bidang rehabilitasi, melakukan asesmen dan intervensi pada penyalahgunaan narkoba,” ucapnya. Dikatakan, sebagai unit kegiatan, CAS juga memiliki 11 orang personil yakni, lima orang dari mahasiswa magister (S2) dan enam orang dari mahasiswa S1.

Selain itu CAS juga memiliki empat pionir yakni Oda dan Wanda dari (S1) serta Prima dan Anggi dari (S2). “Tim devisi yang terdiri dari 11 orang ini telah terlatih melalui proses magang dan pembekalan yang cukup lama dari psikolog dan dokter,” pungkasnya. (â–ºJateng Pos 20 Meret 2017 hal. 4)

 

Kategori: