Prof Che Lun Asal Taiwan, Berbagi Ilmu Komputer di Unika
Rabu, 15 Maret 2017 | 8:55 WIB
Pembicara Prof Che Lun Hung dai Providence University Taiwan saat bertukar pendapat di hadapan peserta di Unika.

Pembicara Prof Che Lun Hung dai Providence University Taiwan saat bertukar pendapat di hadapan peserta di Unika.

Dalam istilah ilmu komputer selama ini sangat luas dan banyak tidak dipahami mahasiswa. Sepertihalnya masalah “Big Data” ini misalnya yang sering dipertanyakan banyak mahasiswa tentang fungsi dan kegunaan. Karena program tersebut sangat berpengaruh dalam sistem kerja komputer terkait informasi penting.

“Perlu diketahui, “Big Data” adalah tempat pengumpulan dan penyimpanan informasi. Di dalamnya adalah sebuah data terstruktur maupun yang tidak terstruktur, seperti gambar, video dan informasi-informasi lain,” ucap Prof Che Lun Hung, Providence University Taiwan saat mengisi kuliah umum yang diadakan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) digedung Thomas Aquinas, kemarin.

Menurutnya, di hadapan mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika Unika bahwa “Big Data” di dalamnya ada data-data yang disimpan di server kemudian dianalisis menggunakan metode-metode tertentu untuk mendapatkan suatu keputusan. “Dalam dunia kerja, Big Data” sangat diperlukan karena dapat memperkirakan kecenderungan orang dalam berbelanja suatu barang, implementasi mobil cerdas dan lain-lain,” ucapnya.

Terpisah, Dekan FIK Erdhi Widyarto Nugroho mengatakan, kuliah umum ini ada keterkaitan sebelumnya ini merupakan tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Unika Soegijapranata dengan Providence University.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan, Dr Ridwan Sanjaya menambahkan, mengapresiasi langkah FIK dalam mewujudkan kerjasama internasional. “Dampak dari kerjasama tersebut akan meningkatkan kualitas penelitian dosen dan wawasan mahasiswa,” pungkasnya. (►http://jatengpos.co.id)

Kategori: