Mahasiswa FTP Unika Kunjungi Perusahaan Dalam dan Luar Negeri
Senin, 13 Maret 2017 | 9:32 WIB

KKL FTP4Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata yang mengayomi 2 program studi yaitu Program Studi Teknologi Pangan (TP) dan Program Studi Nutrisi dan Teknologi Kuliner (NTK), mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi para mahasiswanya yang terbagi dalam 2 tujuan yaitu dalam negeri dan luar negeri. Untuk tujuan luar negeri, kegiatan KKL dilaksanakan mulai hari Sabtu (4/3) sampai dengan Sabtu (11/3), diikuti oleh 23 mahasiswa FTP yang berkunjung ke negara Taiwan. Di Negeri Formosa tersebut, KKL FTP Unika akan mengunjungi Taiwan Hon Chuan Enterprise Co., Ltd. yaitu sebuah perusahaan pengemas internasional yang berbasis di Taiwan; Vigor Kobo  sebuah perusahaan roti dan  pastry Taiwan; serta KING CAR GROUP Company yakni sebuah perusahaan minuman. Selain di tiga tempat itu, para peserta juga mengunjungi Department of Food Sciences Fu Jen Catholic University dan Department of Food and Nutrition Providence University.

KKL FTP2Sedangkan untuk KKL tujuan dalam negeri dilaksanakan mulai Senin (6/3) sampai dengan Sabtu (11/3), jumlah peserta sebanyak 144 mahasiswa dan memilih untuk mengunjungi Jakarta-Tangerang-Sukabumi serta Bandung. Beberapa perusahaan yang dikunjungi antara lain PT. Yakult Indonesia Persada, PT. Sinar Sosro, PT. Avesta Continental Pack yakni salah satu perusahaan pengemas terkemuka di Indonesia, PT. Nutrifood Indonesia, PT. Forisa Nusapersada, PT. Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Primafood International yakni produsen nugget FIESTA, GOLDEN FIESTA, CHARM,  PT. Mayora Indah, PT. Nestle Indonesia, PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical dan  Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Selain berbagai pabrik pengolahan makanan dan minuman, peserta KKL juga berkunjung ke Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjajaran.

Juga Pelajari Budaya Kerja

Seperti halnya di Primafood Internasional atau yang biasa disebut Charoen Phokpand Indonesia. Pabrik yang dikunjungi berlokasi di Jalan Pembangunan II 30, Batu Ceper, Tangerang (Kawasan Industri Cikande, Serang) merupakan pabrik pertama yang didirikan oleh Primafood Internasional. Pabrik yang terletak di Kawasan Industri Cikande tersebut  memiliki 3 pusat pengolahan produk untuk produk nugget, produk sosis dan bakso, produk slaughtering (pemisahan daging ayam dari tulang).

KKL FTP3Adapun pabrik PT. Forisa Nusapersada yang dikunjungi terletak di Cikupa Plant dan menempati areal sekitar 8 hektar. Pabrik tersebut merupakan pabrik PT. Forisa yang memproduksi berbagai jenis powder (bubuk). PT. Forisa sendiri saat ini telah memiliki 3000 karyawan. Adapun nilai-nilai yang dijunjung PT. Forisa Nusapersada antara lain : God Centered (selalu bersyukur kepada Tuhan), loyalty (kesetiaan), integrity (integritas), teamwork,(kerjasama) innovative (inovatif), keen to positive attitude (rasa kekeluargaan). Adapun dalam beberapa produknya PT. Forisa menggunakan bahan rempah antara lain seperti jahe, konyaku dan daun teh. Adapun produk dari PT. Forisa telah dipasarkan ke beberapa negara di luar negeri seperti : Venezuela, Afrika, Saudi Arabia, Hongkong, Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, Papua Nugini, Mauritius, Afrika.

Dalam kesempatan lain, Calvin sebagai salah satu peserta KKL juga mengutarakan  pengamatannya tentang budaya kerja perusahaan, “PT. Nutrifood menerapkan konsep kantor yang sehat dan gaya hidup yang sehat bagi setiap karyawannya, seperti ruang gym bagi karyawan yang dapat digunakan diluar jam kerja, membiasakan menaiki tangga, asupan beberapa buah-buahan segar yang diberikan secara gratis pada karyawan, serta makanan yang tersedia dalam bentuk rebus dan tumis bagi karyawan. Selain itu, PT. Nutrifood juga memberlakukan kesetaraan pada setiap karyawannya pada saat jam makan siang, konsep ruangan yang ramah lingkungan serta menyediakan alat yang berguna untuk mengukur jumlah kekurangan gizi dari standar normal yang harus dikonsumsi bagi tiap karyawannya,” tuturnya.

Kegiatan KKL yang telah menjadi agenda tahunan bagi mahasiswa FTP ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan memasuki semester 4 di FTP Unika Soegijapranata.(Cal)

Kategori: ,