Mahasiswa FTP Unika KKL ke Taiwan
Jumat, 24 Maret 2017 | 15:57 WIB

KKL FTP TAIWANKuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia kerja yang sebenarnya di lapangan kepada mahasiswa sesuai bidang yang digelutinya. Kegiatan ini biasa diisi dengan melakukan kunjungan industri atau yang lain. Bahkan, sebagian besar fakultas sudah memasukkan KKL sebagai mata kuliah wajib dan masuk dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Biasanya mahasiswa diminta untuk membuat laporan tentang kunjungan mereka di industri.

Terkait dengan hal tersebut,  pada tanggal 4 – 11 Maret 2017 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata telah berangkat untuk berkunjung ke Taiwan. Rombongan KKL yang diikuti oleh 23 mahasiswa FTP tersebut berkunjung ke beberapa industri, diantaranya : Kuo Yuan Ye Pastry Museum yang merupakan produsen kue yang cukup besar di Taiwan; Packaging Museum milik Taiwan Hon Chuan Group yang berfokus pada produksi kemasan dan riset mengenai pengemasan produk; Kavalan Whisky Distillery yang merupakan penghasil whisky asli Taiwan dan produknya menjadi produk juara dunia pada tahun 2015 dan 2016; Vigor Kobo yang merupakan produsen nastar terkenal di Taiwan yang sudah mendapat sertifikasi Halal dari pihak Kerajaan Malaysia dan merupakan satu-satunya perusahaan nastar yang sahamnya dijual umum; serta berkunjung ke dua universitas di Taiwan yaitu Fu Jen University  dan Providence University.

KKL FTP KE TAIWANKKL yang didampingi oleh Novita Ika Putri, STP., M.Sc selaku dosen pembimbing, dilaksanakan selama 6 hari dan banyak manfaat yang didapat oleh para mahasiswa, antara lain : kuliah umum dengan 3 tema yang berbeda yaitu pengawetan daging, minuman alkohol, dan mie buatan tangan di Providece University, melihat langsung pendaur ulangan sampah botol plastik menjadi benang yang dapat ditenun, tawaran internship di pabrik produksi kemasan dan riset mengenai pengemasan produk di Taiwan ataupun di Surabaya, mengetahui replika mesin penyuling whisky, membuat nastar, serta mengunjungi  lab-lab kecil, toko es krim yang dikelola oleh mahasiswa jurusan Teknologi Pangan di Fu Jen University, dan pilot plant mahasiswa Teknologi Pangan Fu Jen University.

Irfan Aditya Setyadji, ketua KKL FTP 2017 ke Taiwan, menjelaskan “Alasan KKL luar negeri tahun ini ditujukan ke Taiwan diawali oleh suatu usulan kecil yang akhirnya disetujui oleh dekan FTP dengan dasar, teknologi pangan di Taiwan sudah termasuk maju di kawasan Asia dan sudah banyak buktinya,”jelasnya. (Ian)

Kategori: ,