MAHASISWA FEB UNIKA STUDENT EXCHANGE KE UNIVERSITY OF SAN CARLOS CEBU PHILIPPINES
Selasa, 21 Maret 2017 | 8:33 WIB

Student Exchange FEBProgram Cultural Immersion Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata ke School of Business University of San Carlos Cebu Philippines merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MOU) dan Memorandum of Agreement  antara Unika Soegijapranata dan University of San Carlos Cebu yang ditandatangani pada tahun 2015. MOU tersebut mencakup lecture exchange, student exchange dan joint research. Untuk kegiatan lecture exchange telah dilakukan pada bulan Februari 2016 dan Februari 2017 dengan pengiriman empat dosen FEB Unika Soegijapranata, untuk menjadi visiting professor di School of Business and Economics University of San Carlos dan diikuti dengan kedatangan dua dosen San Carlos untuk menjadi visiting professor di FEB Unika pada bulan November 2016. Selain mulai tahun 2016 dilakukan pula joint research and publication mengenai topik Green Business dan Asean Corporate Governance Scorecard.

Student Exchange FEB1Kegiatan Cultural Immersion program merupakan pelaksanaan student exchange antara FEB Unika Soegijapranata dan SBE University of San carlos Cebu. Pada tahap pertama telah dilaksanakan kunjungan 30 mahasiswa University of San Carlos Cebu ke FEB Unika Semarang selama 8 hari, yaitu tanggal 23 September – 1 Oktober 2016 dan mencakup kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan, pemahaman budaya Indonesia melalui belajar membatik, belajar menari jaranan, memainkan gamelan jawa, serta kegiatan wisata ke Candi Gedongsongo dan Borobudur.

Pada awal tahun 2017 sebagai kelanjutan program, 28 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata mengunjungi University of San carlos Cebu selama 10 hari, mulai tanggal 12 -22 Februari 2017.  Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa FEB Unika Soegijapranata di Cebu Philipina adalah menjadi pembicara dalam The 3rd International Conference on Business and Economics yang diadakan pada tanggal 25-26 Februari 2017. Para mahasiswa menyajikan paper dengan tema penerapan Green Business dan Good Corporate Governance. Selain itu para mahasiswa juga mengikuti beberapa perkuliahan di kampus Universty of San carlos Cebu dan melakukan kunjungan ke beberapa industri di kota Cebu seperti ProFood, Pepsi Cola Cebu Plant, APO Cement dan juga Cebu IT Park. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan budaya di kota Cebu dengan belajar tarian dan musik tradisional Philipina serta mengikuti program Cebu heritage walk ke situs situs warisan budaya kota Cebu yang merupakan kota pertama yang dimasuki bangsa Spanyol di Philipina. Selain itu para mahasiswa juga mengunjungi kota Oslob yang terkenal dengan Whale Shark atau Hiu Paus nya dan berkesempatan berenang bersama ikan hiu paus yang sangat populer di dunia.

Student Exchange FEB2Diharapkan kegiatan ini akan meningkatkan wawasan kelimuan, keterkaitan antara dunia akademik dan industri serta pemahaman budaya antara mahasiswa Filipina dan Indonesia serta dapat lebih meningkatkan jaringan antar dosen pengampu dan mahasiswa kedua Universitas sebagai wujud nyata implementasi dan keberlangsungan MOU yang telah disepakati. (Oct)

Kategori: