Kuliah Umum Big Data di Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata
Selasa, 14 Maret 2017 | 14:58 WIB

IMG_8523Baru-baru ini (6/3) Fakultas Ilmu Komputer menyelenggarakan kuliah umum Big Data dan Implementasinya dengan menghadirkan Prof. Che-lun Hung dari Providence University, Taiwan. Kegiatan ini merupakan bagian dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Unika Soegijapranata dengan Providence University.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof. Che-lun Hung memaparkan bahwa Big Data sangat berperan penting dalam setiap aspek. Big data merupakan tindakan pengumpulan dan penyimpanan informasi yang besar untuk analisis. Data tersebut adalah data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur seperti gambar, video dan informasi-informasi lain. Data-data ini disimpan di server kemudian dianalisis menggunakan metode-metode tertentu untuk mendapatkan suatu keputusan. Salah satu implementasi Big Data adalah dapat memperkirakan kecenderungan orang dalam berbelanja suatu barang, implementasi mobil cerdas dan lain-lain.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika di ruang Teater gedung Thomas Aquinas. Dalam diskusi yang berlangsung seru dengan Prof. Hung, beberapa mahasiswa menanyakan sisi positif, negatif, dan aspek keamanan dari implementasi Big Data dalam hidup mereka.

Dalam acara terpisah, Erdhi Widyarto Nugroho, Dekan Fakultas Ilmu Komputer memetakan kerjasama penelitian, pertukaran pelajar, bahkan studi lanjut bagi mahasiswa S-1 yang dapat dilaksanakan melalui kerjasama dua universitas ini. Tawaran aktivitas tersebut disambut dengan baik oleh Prof. Hung dan Prof. Tsai dari Providence University. Hal tersebut segera diimplementasikan dalam tahun ini di kedua belah pihak.

Dr. Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor bidang kerjasama dan pengembangan, mengapresiasi langkah Fakultas Ilmu Komputer dalam mewujudkan kerjasama internasional. Dampak dari kerjasama tersebut akan meningkatkan kualitas penelitian dosen dan wawasan mahasiswa. (Erd/RS)

Kategori: