KOPERTIS TINGKATKAN KOORDINASI MELALUI PPBA-PTS
Jumat, 10 Maret 2017 | 17:52 WIB

IMG_8596Kopertis wilayah VI Jawa Tengah merupakan lembaga resmi pemerintah yang berfungsi sebagai wadah koordinasi bagi penyelenggaran pendidikan tinggi swasta di Jawa Tengah. Sesuai dengan tugasnya, Kopertis wilayah VI harus merangkul PTS di lingkungannya dalam rangka penyelenggaran tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh PTS yang ada di Jawa Tengah. Untuk membantu proses pelaksanaannya, Kopertis VI merintis pengurus wilayah dan rayon PPBA-PTS (Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik-Perguruan Tinggi Swasta) di wilayah Jateng sekaligus sebagai yang pertama di Indonesia. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada Jumat (10/3) di Gedung A Kopertis VI Jateng.

“PPBA-PTS merupakan paguyuban koordinasi dan komunikasi sinergis. Harapannya melalui paguyuban ini komunikasi dengan kopertis khususnya tentang regulasi-regulasi tri dharma bisa efektif lagi dan lebih sering lagi, karena dalam konteks forum, untuk pertemuan resmi koordinator kopertis dengan pimpinan bidang akademis oleh kopertis diselenggarakan hanya satu tahun sekali dalam agenda rakor bidang akademik, oleh karena itu untuk menyeringkan koordinasi karena banyak regulasi-regulasi baru yang perlu dikomunikasikan sekaligus diimplementasikan maka dibentuklah forum ini. Maka tujuan dibentuknya PPBA-PTS tidak lain adalah untuk meningkatkan komunikasi sehingga mempercepat implementasi regulasi tentang tri dharma perguruan tinggi,”jelas Prof. Dr. DYP Sugiharto,M.Pd., Kons selaku Koordinator Kopertis wilayah VI Jawa Tengah.

Lebih lanjut, PPBA-PTS ini akan melaksanakan tugasnya selama 4 tahun, terhitung mulai tahun 2017 hingga tahun 2021 dan dilantik secara simbolis oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto selaku Koordinator Kopertis VI Jawa Tengah. PPBA-PTS ini terdiri dari pengurus wilayah dan pengurus rayon. PPBA-PTS pengurus wilayah ini diketuai oleh Dr. Ir. Muhammad Haddin, MT serta Sekretaris dari perwakilan Unika Soegijapranata, Dr. Augustina Sulastri, S.Psi, Psi. Untuk Pengurus Rayon, dibagi menjadi 3 sesuai dengan wilayah pembagian kerja dan pusatnya masing-masing ada di Semarang, Surakarta dan Banyumas.

Pelantikan pengurus PPBA-PTS ini juga ditandai dengan diselenggarakannya Seminar dengan tema “Seminar Peningkatan Penyerapan Lulusan Perguruan Tinggi melalui Sertifikasi Profesi” dan diikuti oleh para pimpinan perguruan tinggi swasta bidang akademik di Jawa Tengah. Seminar yang diikuti oleh 251 peserta ini digelar dengan narasumber Prof. Intan Ahmad dari Dirjen BELMAWA Kemenristekdikti, Ir. Drs. Afrizal Tatang, MP yang merupakan Ketua Komisi Sertifikasi – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP) serta Rm. Sriyono, SJ, selaku Direktur Politeknik ATMI Surakarta. (Ign)

Kategori: ,