GameTech Unika Fasilitasi Bisnis Rintisan Mahasiswa
Kamis, 9 Maret 2017 | 8:51 WIB

WWS 6_03_2017 GameTech Unika Fasilitasi Bisnis Rintisan Mahasiswa2
Unika Soegijapranata Semarang menjadi salah satu perguruan tinggi yang, didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudavaan (Kemendikbud) dalam pendirian dan pengembangan program S-I Game Technology.

“Pada awal pendiriannya di lahun 2012, tercatat 46 mahasiswa mendaftar di jurusan ini dengan 26 mahasiswa memperoleh Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Hingga tahun 2015, Kemendikbud masih memberikan Beasiswa Unggulan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan Game Technology,” papar Ketua Program Studi Sistem Informasi & Game Technology, Dr Bemardinus Harnadi, Sabtu (4/3).

Berbanding lurus dengan beasiswa tersebut, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab, pengelola Game Technology mendorong dan memfasilitasi berbagai bentuk kewirausanaan mahasiswa.

Contohnva usaha produksi game berbasis android, yang dijual melalui play store maupun digali pendanaannya melalui iklan. Selain itu, juga usaha pembuatan game yang semakin banyak dipesan oleh masyarakat unmk berbagai kepentingan.” tambahnva.

Pada salah satu sudut kantor pengelola program S-I Game Technology, terdapat ruang inkubasi bisnis yang dilengkapi dengan beberapa komputer. Ruang tersebut memfasilitasi mahasiswa dan alumni, yang ingin mengembangkan minatnva dalam mengembangkan bisnis di bidang game. “Proses pembuatan bahkan brainstonning terkait dengan ide, produksi. sampai dengan pemasaran dapat dilakukan di sana. Para dosen juga sering menyambangi untuk berdiskusi, mengenai pengembangan bisnis dan prosrek pengemhangan yang bisa dibidik,”terang Harnadi.

■ Menguntungkan
Saat ini terdapat beberapa freelancer dan dua kelompok bisnis rintisan (start-up) yang berkarya melalui cara ini, yakni SquarStudio dan Raxeon. “Lokasi ruang inkubasi bisnis yang berada di dalam kampus cukup menguntungkan mahasiswa Game Technology. Mereka dapat langsung melihat dan bergabung jika memiliki minat yang sama,” tandasnya lebih lanjut.

Beberapa produk game yang diluncurkan dari SquarStudio seperti Froggie Jump dan Sky Jump Ninja dapat diunduh melalui bit.ly/squarstudio, sedangkan karya-karya Raxeon seperti SahuRak
dan Tap o Sleep dapat diunduh melalui bit.ly/raxeonstudio. Permainan yang dihasilkan oleh mahasiswa lainnya bisa dicari melalui bit.ly/unikagame.

“Sejak dilahirkan, program S-I Game Technology memiliki DNA kewirausahaan sehingga kita selalu mendukung kreativitas mahasiswa dalam pengembangkan talenta di bidang bisnis. Sedangkan output game yang memilih bidang edukasi, merupakan bagian dari niatan kita untuk mengambil bagian dalam pengembangan pendidikan. Termasuk melalui karya-karya game yang dihasilkan.
Semoga niat yang baik ini dapat terwujud,” tandasnya. (►Wawasan 6 Maret 2017, hal. 11)

Kategori: