Unika SBL 2017
Kamis, 23 Februari 2017 | 14:21 WIB

IMG_9411Di awal Februari ini, kampus Unika Soegijapranata atau lebih tepatnya Gedung Sport Hall Unika tampak ramai dikunjungi baik pemain maupun penonton SBL atau Soegijapranata Basketball League (SBL) yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh UKM Basket Unika Soegijapranata.

Dalam SBL ini diundang tim basket SMA se-Jawa Tengah berkompetisi memperebutkan Piala Liga Soegijapranata. SBL tahun ini merupakan SBL yang kedua kalinya yang diadakan, SBL pertama diadakan pada tahun 2016, jadi acara SBL ini masih tergolong baru.

SBL 2017 ini dimulai pada tanggal 6 Februari 2017 lalu dan berpuncak dengan finalnya pada tanggal 1 Maret 2017. SBL 2017 diikuti oleh tim basket putra dan putri dari SMA se-Jawa Tengah. Tujuh tim basket putra yang mengikuti SBL 2017 meliputi tim dari SMA Karang Turi, SMA Theresiana, SMA Terang Bangsa, SMA Kolese Loyola, SMA Sedes Sapientiae, SMA Semesta, dan SMA Tri Tunggal. Sedangkan enam tim basket putri yang mengikuti SBL 2017 meliputi tim dari SMA Karang Turi, SMA Theresiana, SMA Terang Bangsa, SMA Kolese Loyola, SMA Sedes Sapientiae, dan SMA Tri Tunggal.

Sistem Liga

Sesuai dengan namanya, bentuk kompetisi dari Soegijapranata Basketball League adalah liga. Pemilihan liga sebagai bentuk kompetisi ini dapat dikatakan unik, karena SBL merupakan satu-satunya kompetisi basket untuk SMA yang diselenggarakan oleh universitas yang menggunakan sistem liga.

“SBL ini berjalan bukan tanpa kendala, banyak kendala teknis yang dialami oleh panitia-panitia SBL, namun satu yang menjadi perhatian panitia SBL adalah kebutuhan dana yang banyak untuk mengadakan SBL, sehingga panitia SBL harus mencari dana tambahan selain yang sudah diberikan oleh universitas ”tutur Fransiscus Tommy Chrisnaldo, atau biasa dipanggil Tommy sebagai Ketua Panitia SBL 2017

Berjalannya SBL ini tidak terlepas dari kerja keras panitia-panitia acara yang berusaha untuk menyukseskan acara ini. Tommy berharap SBL 2017 dapat berjalan dengan lancar dan pemain-pemainnya dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam berlaga di pertandingan. (Ian)

Kategori: ,