Unika Raih Akreditasi A
Senin, 6 Februari 2017 | 8:56 WIB

SM 04_02_2017 Unika Raih Akreditasi A

Unika Soegijapranata kembali membuktikan diri sebagai perguruan tinggi unggul, dengan mendapat akreditasi institusi A.

Pengakuan itu, diperoleh dari lembaga independen Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) yang bertugas memberikan jaminan mutu untuk pendidikan tinggi di Tanah Air. ‘’Setelah sekian lama menunggu, kabar membanggakan itu akhirnya datang.

Unika Soegijapranata kini meraih akreditasi intitusi PT (AIPT) A, mendasari kualitas mutu Tri Dharma di kampus ini,’’papar Rektor Prof Dr Yohanes Budi Widianarko dalam acara jumpa media massa, di Gedung Dormitori St Teresa Avila, kompleks Pawiyatan Luhur Bendanduwur, kemarin.

Budi didampingi Wakil Rektor I Dr Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor II Theresia Dwi Hastuti, dan Wakil Rektor III Lita Widyo Hastuti.

Disebutkan, keberhasilan meraih akreditasi tertinggi itu juga didapat karena usaha keras, civitas academica.Terdapat tujuh ukuran yang mendasari BANPT, untuk akhirnya menjatuhkan pilihan kepada kampus itu menerima AIPTA.

Kualitas Puncak

Tim asesor BAN-PT yang terdiri atas Prof Dr Hartono (Universitas Gajah Mada), Prof Dr Ir Tineke Mandang (Institut Pertanian Bogor), Prof Dr Arifuddin Ahmad (Universitas Islam Negeri Makasar), dan Dr BM Wara Kushartanti MS (Universitas Negeri Yogyakarta), bahkan telah mengunjungi (visitasi) kampus itu.

Visitasi dilaksanakan pertengahan Desember 2016, untuk melihat kesiapan kampus ini dalam memperoleh AIPT.

Tim Asesor sekaligus bertemu berkenaan Tri Dharma kampus. Sampai sekarang, tidak banyak kampus di Jawa Tengah yang bisa mencapai kualitas puncak ini.

Selain Unika Soegijaparanata, kampus yang ikut mendapat pengakuan A secara institusi, antara lain Undip, Unnes, dan Polines. Fakta ini membanggakan karena sebagai PTS, kualitas kampus tersebut kini boleh dibilang setara dengan PTN. (►http://berita.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 4 Februari 2017, hal. 22)

Kategori: ,