Raih Akreditasi A, Unika Siap Tingkatkan Kualitas
Senin, 6 Februari 2017 | 9:06 WIB
JTP 03_02_2017 Raih Akreditasi A, Unika Siap Tingkatkan Kualitas

Rektor Unika Prof Dr Budi Widianarko MSc (dua dari kanan) didampingi para wakil rektor menjelaskan perolehan akreditasi A dari BAN PT, Jumat (3/2).

Kabar baik datangnya dari salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Jateng yakni Unika Soegijapranata. Institusi kampus swasta yang dipimpin Rektor Prof Dr Budi Widianarko MSc kemarin mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Yang membanggakan lagi, Unika satu-satunya kampus swasta di Jateng yang mendapatkan akreditasi A setelah Undip dan Unnes. “Kami bersyukur atas perolehan akreditasi A, mengingat kami salah satu kampus swasta yang tidak begitu besar. Kriteria A ini, kami punya waktu lima tahun untuk terus memperbaiki kualitas dan tanggungjawab mempertahankannya,” jelas Rektor Unika Prof Dr Budi Widianarko MSc di Rusun Asrama Mahasiswa Unika, Jumat (3/2).

Menurut Prof Budi, perolehan akreditasi A ini tentunya banyak yang perlu ditingkatkan kualitasnya demi mendapat kepercayaan. Di antaranya dengan memaksimalkan daya tampung mahasiswa membuat gedung baru lagi yang segera dibangun. “Kita tingkatkan rekrutmen dosen-dosen muda berkualitas demi memenuhi rasio dosen dan mahasiswa dan pembukaan prodi baru. Kami juga sangat terbantu dengan publikasi dari berbagai media dari berbagai kegiatan yang hasilnya juga kita laporkan kepada asesor BAN PT saat melakukan penilaian,” jelasnya.

Prof Budi menambahkan, mendapatkan akreditasi A ini juga tanggungjawab Unika harus benar-benar terwujud. Di antaranya juga harus bisa membuktikan lulusan yang siap kerja. “Lulusan kami harus jelas, tentunya harus optimis karena kita juga punya lembaga penjaminan mutu,” urainya.

WR IV Unika Dr Ridwan Sanjaya menambahkan, proses penjaminan mutu di Unika juga banyak dibantu dengan berbagai bidang tugas para wakil rektor satu hingga empat. Mereka mempunyai tugas masing-masing di setiap lininya fokus memberikan kemajuan ke Unika. “Kita juga punya sistem informasi yang bagus sehingga masyarakat tak perlu ragi dengan kualitas kami,” pungkasnya. (►http://jatengpos.co.id)

Kategori: