PERKUAT PROMOSI DENGAN PELATIHAN SGS
Kamis, 16 Februari 2017 | 12:20 WIB

PELATIHAN SGSUPT Promosi dan Rekrutmen Mahasiswa (PRM) Unika Soegijapranata kembali membekali para tim SGS (Student Get Student) dengan pelatihan public speaking yang dibawakan oleh Ferdinandus Hindiarto S.Psi, M.Si yang bertempat di Ruang Rapat Gedung Thomas Aquinas lantai 2 pada jumat (10/02). pelatihan public speaking ini digunakan untuk memberikan persiapan kepada tim sgs nanti yang akan bertugas dalam pameran pendidikan maupun presentasi dihadapan calon mahasiswa ataupun orang tua.

Dalam kesempatan tersebut, Pak Ferdi begitu sapaan akrabnya telah memberikan materi dengan topik “bukan presentasi biasa”. Menurut Pak Ferdi, dalam sebuah presentasi terdapat beberapa tujuan yang mendukung,

“Presentasi baik dalam promosi maupun dalam keadaan lain perlu ada tujuan untuk menginformasikan, mengajak, menyakinkan, menghibur, memberikan pencerahan kepada audience. Jadi salah satu atau semuanya bisa berkaitan satu sama lain” paparnya.

Selain itu, penentuan baik tidaknya suatu presentasi juga ditentukan oleh beberapa faktor yang kemudian dirumuskan oleh Pak Ferdi menjadi 3G,

“Untuk membuat presentasi semakin menarik, perlu kiat-kiat 3G yakni Great Content, Great Design, Great Delivery. Great Content yang dimaksud berarti isi presentasi harus ringkas sesuai dengan tujuan serta dapat menjawab kebutuhan audience. Dari sisi Great Design, presentasi haruslah menarik serta jika perlu ada audio visual dan tulisan diminimalkan sehingga akan membuat audience tertarik. Great Delivery ini juga tak kalah penting yakni bagaimana seorang presenter mampu membawakan presentasi dengan baik dari sisi kesiapan maupun kemampuan. Percuma jika 2 faktor ada namun faktor yang ini tidak tercapai ”tuturnya.

Menurut Pak Ferdi, Great Delivery dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti gesture tubuh yang proporsinal serta asosiatif tidak monoton saja. Dari segi suara, seorang presenter perlu jelas dan tegas dalam penyampaian materi serta memperhatikan intonasi serta mengatur speed agar tetap terkontrol. Namun tak jarang pula presenter menjadi gugup ketika sudah berada di depan audience. Pak Ferdi sendiri memiliki trik dan kiat bagaimana mengatasi kegugupan tersebut.

“Gugup itu terjadi karena kurangnya persiapan dalam memahami materi yang akan disampaikan. Selain itu, percaya diri yang tinggi juga diperlukan dalam presentasi dan didukung dengan semangat, tampak terlihat elegan serta bertindak dengan benar”pungkasnya. (Ign)

Kategori: ,