Meriahnya Gelaran Kontes Robot Sumo Untuk Pertama Kalinya di Semarang
Selasa, 14 Februari 2017 | 9:27 WIB

Beritasemarang 13_02_2017 Meriahnya Gelaran Kontes Robot Sumo Untuk Pertama Kalinya di SemarangPihak kampus Unika Soegijapranata untuk pertama kalinya mampu menggelar kontes robot di pusat perbelanjaan modern di kota Semarang. Tentu saja acara tersebut bertujuan menjaring bibit-bibit berprestasi di bidang teknik elektro. Sejumlah siswa setingkat SLTP dan SMA nampak antusias mengikuti lomba robot sumo di lantai dasar Java Mall, Minggu (12/2).

Dengan kerjasama dan inisiasi antara pihak kampus bersama PT International Chemical Industry sebagai produsen baterai Alkaline, acara kontes robotnya berlangsung tanpa halangan bahkan para pengunjung sangat antusias sekali.

Dosen Teknik Elektro Unika Soegijapranata, Florentinus Budi Setiyawan menuturkan bahwa konten robot sumo memang baru pertama digelar di kota Lumpia. Ada sedikitnya 40 peserta yang tampil sekaligus memeriahkan acara tersebut.

Disamping itu, ia juga sempat kewalahan memenuhi permintaan pelaku industri manufaktur yang cukup tinggi, sedangkan ketersediaan SDM di bidang teknik elektro sangatlah terbatas. Padahal ketika para mahasiswa lulus kuliah, mereka dapat dipastikan terserap kerja ke berbagai tempat karena banyak perusahaan yang membutuhkan kita.

Kontes Robot sumo di Java Mall sendiri memberikan hadiah-hadiah menarik seperti robot transformasi serta uang tunai sebesar Rp 1 juta rupiah bagi juara pertama.

Dn untuk pemenang lomba, ditentukan dari adu kuat sampai salah satu robot terjatuh atau keluar arena. Dengan penggunaan baterai Alkaline bertenaga 1,5 volt pihak panitia pun memverifikasi bila proses pengoperasianyaa tidaklah sulit karena teknologi ini semakin gampang dipelajari apalagi semua informasi telah tersedia baik dari internet, media sosial, google, youtube dan sebagainya. (►http://www.beritasemarang.net)

Kategori: