Koordinator Kopertis VI Jateng: Harapkan PTS Upayakan Peningkatan Akreditasi BAN-PT
Selasa, 7 Februari 2017 | 14:39 WIB

KR 07_02_2017 Koordinator Kopertis IV Jateng - Harapan PTS
KOORDINATOR Kopertis VI Jateng, Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons, menyampaikan apresiasi kepada sivitas akademika Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang yang belum lama ini memperoleh akreditasi instuti perguruan tinggi (AIPT) dengan nilai A (unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristekdikti.

"Untuk kali pertama tercatat Unika Soegijapranata merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) di Jateng (total PTS di Jateng 249 buah) yang memperoleh nilai A akreditasi institusi BAN-PT Sangat membanggakan kami Kopertis, sebagai lembaga yang salah satu fungsinya sebagai pembinaan PTS yang ada di wilayahnya. Ini juga membuktikan, usaha yang sungguh-sungguh dan kerja keras seluruh sivitas akademika akan bisa menghasilkan prestasi yang bagus, karena sebelumnya Unika mendapat akreditasi B. Sehingga, hasil Unika ini kami harapkan bisa sebagai pemacu dan pemicu PTS lainnya di Jateng dan sekitarnya untuk bisa berprestasi," ujar Prof Dr DYP Sugiharto.

Tindak lanjut setelah mendapat nilai A akreditasi, ujar Koordinator Kopertis Jateng, pihak Unika lebih menempatkan bagian penjaminan mutu sebagai hal sangat penting, khususnya yang bersifat ekternal sehingga akan terjadi peningkatan trust atau kepercayaan masyara-kat, dan Unika bisa membuktikannya sebagai universitas yang layak memperoleh A tersebut. Karena nilai A akreditasi institusi, biasanya diback up relatif banyaknya nilai A akreditasi di prodi-prodi.

Lebih lanjut menurut Prof Dr DYP Sugiharto, akreditasi BAN-PT merupakan salah satu program yang secara langsung maupun tidak langsung melindungi masyarakat manakala akan menguliahkan anak mereka ke suatu perguruan tinggi, termasuk PTS. Bila PTS ter-akreditasi C, B, dan A maka perguruan tinggi tersebut memang layak menerima mahasiswa dan menerima kepercayaan masyarakat. Semakin tinggi nilai akreditasinya otomatis semakin tinggi pula kualitas mutu pengelolaan pendidikannya.

"Kopertis berharap PTS lain di Jateng segera makin banyak yang bisa menaikkan akreditasinya ke A, seperti halnya Unika Soegijapranata. Dari 249 PTS se-Jateng tercatat ada 23 PTS yang saat ini meraih akreditasi institusi B dari BAN-PT. Sejumlah PTS ternama di Jateng saat ini sedang dalam proses mengajukan reakreditasi dari B dan berharap 4 sampai 5 PTS ternama di Jateng bisa meraih akreditasi A,” tandas Koordinat6r Kopertis VI Jateng yang juga dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.

Ikon Kota Mahasiswa
Senada dengan Koordinator Kopertis Jateng, terpisah saat ditemui, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi SE MM yang akrab disebut Hendi ini, menyatakan apresiasi tinggi atas nilai akreditasi A yang diraih salah satu PTS di Kota Semarang. Pemkot Semarang mensupport semua perguruan tinggi di Kota Semarang, karena fungsinya sangat mulia. Yaitu, mencerdaskan generasi muda warga kota Semarang, dan bisa mendatangkan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kampus, di antaranya munculnya banyak tempat indekos, warung, usaha fotokopi, laundry dan lain lain bisnis yang banyak dibutuhkan para mahasiswa.

Selain itu kegiatan-kegiatan perguruan tinggi di kota Semarang bisa dijadikan ikon baru kota Semarang, misalnya nantinya bisa menjadi "Kota Mahasiswa," karena cukup banyak perguruan tinggi yang ada di kota ini. Kota Semarang nantinya bisa menjadi salah satu kota alternatif, bahkan kota tujuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan nilai A akreditasi, Walikota yang juga alumni Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata ini juga berharap, kepercayaan masyarakat semakin meningkat, yang tentunya akan terjadi peningkatan mahasiswa dan peningkatan hasil inovasi serta penelitian dari Unika Soegijapranata Semarang.

Sementara itu pula Natashia Austin Wijaya, alumni tahun 2016 Prodi Sistem informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Unika tahun 2016, yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan IT di Kota Semarang, menyatakan kebanggaan atas almamaternya yang meraih prestasi ini, yang dianggap buah hasil kerja keras sepenuh hati dari para dosen, staff, dan mahasiswa Unika Soegijapranata. Dirinya berharap dengan capaian A akreditasi, para mahasiswa, dosen dan staff tidak berpuas diri melainkan tetap memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Senada, sebagai mahasiswa angkatan 2013 Prodi Gametech Unika Soegijapranata Semarang, Aprilia Ratna Christanti, sangat bangga karena Unika menjadi PTS pertama Jateng meraih akreditasi A tersebut, suatu prestasi yang tidak gampang bisa dicapai oleh PTS. Ini menjadikan dirinya semakin bangga dan percaya diri dengan kualitas pendidikan yang diajarkan di kampusnya. Dan, capaian akreditasi A oleh semua mahasiswa siap diisi dengan belajar keras untuk bisa meraih masa depan cemerlang.

Sementara itu pula Prayudi Suryopranoto, Area Branch Manager Maybank Semarang Pemuda, menyampaikan apresiasi pada Unika Soegijapranata. Dirinya merasa sejak lima tahun lalu kerjasama perbankan tempat dia bekerja dengan Unika bisa berjalan baik, dan Unika menunjukkan progresif dalam peningkatan jumlah mahasiswa. Prayudi berharap, Unika semakin bisa menjadi kebanggan warga kota Semarang lewat sejumlah prestasi yang diraihnya dan terkini lewat capaian akreditasi A dari BAN PT Kemenristekdikti. 
(►Kedaulatan Rakyat 7 Februari 2017, hal. 16) 

Kategori:

One Response to “Koordinator Kopertis VI Jateng: Harapkan PTS Upayakan Peningkatan Akreditasi BAN-PT”

  1. […] Kedaulatan Rakyat dan harapan Koordinator Kopertis 6, Walikota Semarang, alumni dan mahasiswa […]