Kembangkan kreativitas, Teknik Elektro Unika Soegijapranata Gelar Robo Battle
Kamis, 16 Februari 2017 | 9:24 WIB

Kilasjateng 13_02_2017 Kembangkan kreativitas, Teknik Elektro Unika Soegijapranata Gelar Robo BattleSebanyak 60 peserta dari tingkat SD, SMP, SMA sampai tingkat umum mengikuti Lomba Robo Battle di KFC Java Super Mall Semarang, Minggu (12/2).

Lomba Robo Battle yang diselenggarakan Program Studi Fakultas Teknik Elektro Unika Soegijapranata Semarang bersama PT. Internasional Chemical Industry produsen dari Baterai ABC Alkaline dan KFC itu diadakan untuk pertama kalinya di Jawa Tengah.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Unika Soegijapranata Dr Florentinus Budi Setiawan mengatakan, bahwa Teknik Elektro Unika Soegijapranata rutin mengadakan lomba robot sejak 10 tahun terakhir.

“Lomba robot dengan model Robo Battle baru kami adakan pada tahun ini. Kami sudah merencanakan lomba ini sejak setahun lalu. Biasanya robot yang dilombakan berjenis line follower, pada kesempatan ini kami mencoba model baru yang lebih menarik,” katanya.

Lomba ini, lanjut dia, bertujuan untuk mengenalkan robot pada anak-anak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah supaya lebih paham pada teknologi terbaru. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu implementasi terhadap program pemerintah yang mendorong perguruan tinggi memberikan edukasi agar lebih menekuni di bidang teknologi,” ujarnya.

Sementara itu Area Sales and Promotion Manager Baterai ABC Alkaline Jawa Tengah Utara Blasius Chasto menjelaskan, bahwa lomba Robo Battle ini merupakan kompetisi robot yang pertama kali diadakan di Jawa Tengah dengan menggunakan robot transformasi.

“Dalam perlombaan ini robot yang digunakan awalnya berbentuk seperti mobil remote, namun mobil remote tersebut dapat bertranformasi menjadi robot untuk bertarung. Ide ini sendiri diilhami dari Film Transformer,” ungkapnya.

Chasto menambahkan, pada lomba robot sebelumnya, tiap peserta membawa robot masing-masing. Namun, lomba kali ini panitia memfasilitasi robot yang digunakan untuk lomba.

“Lomba ini merupakan lomba berseri, dimana pemenang pada lomba Robo Battle bulan ini akan ditandingkan dengan pemenang lomba Robo Battle pada bulan Maret nanti. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan dan menjadi sarana publikasi acara besar yang akan di gelar pada Mei mendatang,” imbuhnya.

Pada lomba ini, Juara I diraih oleh Muhammad Farrel Alief dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta serta 1 unit Robot Autobots (Robot Transformasi). Juara II diraih oleh R. Calvin T memperoleh hadiah uang Rp 600 ribu dan Juara III diraih oleh Kevin Evan P memperoleh Rp 400 ribu. (►https://www.kilasjateng.com)

Kategori: