Game Tech Unika Genjot Publikasi Buku
Jumat, 17 Februari 2017 | 8:08 WIB

Mahasiswa Jurusan Game Technology Unika Soegijapranata terus melakukan publikasi keahlian mereka dalam bentuk buku. Belum lama ini mereka menerbitkan buku bertema pembuatan game untuk yang ketiga kalinya.

Menurut Ketua Jurusan Game Technology Dr Bernardinus Harnadi, mahasiswa memang didorong untuk menulis buku, jurnal, dan artikel media massa dengan pendampingan dari dosen. Sehingga wawasan mahasiswa juga semakin terbuka dan termotivasi untuk berkembang.

SM 16_02_2017 Game Tech Unika Genjot Publikasi Buku“Joy of learning atau sukacita dalam belajar dapat dirasakan di jurusan ini. Ia berjanji akan muncul buku-buku lain yang akan membantu masyarakat dan perkembangan game di tanah air.” kata Harnadi di Semarang, belum lama ini seperti dilansir dalam rilis yang dikirimkan ke suaramerdeka.com, Kamis (16/2).

Buku “Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)” yang ditulis Andre Kurniawan, Maryuni dan Dr Ridwan Sanjaya MS IEC itu memberi panduan mudah membantu developer pemula yang ingin membuat game berbasis kedua teknologi tersebut. Buku ini sudah ditulis ketiganya satu tahun yang lalu tetapi baru bisa rilis terbit pada 30 Januari 2017 lalu.

“Game zaman sekarang sudah merambah ke teknologi terbaru yaitu Augmented Reality, contohnya game Pokemon Go. Dalam buku ini membahas juga bagaimana membuat game Virtual Reality dengan game engine menggunakan program Unity 3D” tambah Andre.

VR adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dan disimulasikan oleh komputer. Sedangkan AR adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Berbeda dengan VR yang menciptakan lingkungan 3D yang benar-benar buatan. Teknologi AR menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata kemudian menambahkan informasi baru di atasnya.

“Dalam penulisan, kami selalu berkonsultasi dengan Pak Ridwan Sanjaya agar mendapat hasil yang baik dalam penulisannya,” tuturnya.
Sebelumnya mahasiswa Jurusan Game Technology di Unika Soegijapranata telah menulis dua buku tentang game, Pertama buku pembuatan game dengan Unity #D dan buku kedua mengenai pembuatan game Andrioid dengan RPG Maker MV.
(http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: