Bikin Game Baru
Kamis, 16 Februari 2017 | 13:03 WIB

JTP 14_02_2017 Bikin Game BaruBelum lama ini, tepatnya pada akhir Januari lalu mahasiswa jurusan Game Technology (GameTech) Unika Soegijapranata kembali bikin kejutan. Mereka menerbitkan sebuah buku yang ketiga kalinya. Buku tersebut bertemakan masih dalam lingkup pembuatan game seperti yang pertama dan kedua.

"Kalau buku yang pertama terkait tentang pembuatan game dengan Unity 3D, dan buku kedua mengenai pembuatan game Android dengan RPG Maker MV, maka buku ketiga ini mengambil topik pembuatan game Augmented Reality (AR) seperti Pokemon Go dan Virtual Reality (VR) yang menggunakan kacamata bantu seperti Samsung Gear," jelas Dr Ridwan Sanjaya, selaku dosen di jurusan Game Technology Unika yang juga ikut terlibat di dalamya, Senin kemarin.

Ridwan menyebutkan, sejumlah mahasiswa yang membuat game di antaranya Andre Kurniawan dan Maryuni menulis buku tersebut bersamanya selaku dosen di jurusan tersebut.

"Kita selalu kompak dalam pemikiran dan kolaborasi bersama mahasiswa dalam membuat inovasi baru game dan hasilnya seperti sekarang ini bisa dinikmati masyarakat," jelasnya.

Sementara Dr Bernardinus Harnadi Ketua Jurusan Game Technology Unika yang baru saja dilantik awal 2017 lalu mengatakan, mahasiswa memang didorong untuk menulis buku, jurnal, dan artikel media massa dengan pendampingan dari dosen.

"Sehingga wawasan mahasiswa juga semakin terbuka dan termotivasi untuk berkembang," jelasnya. Menurutnya, joy of learning atau suka cita dalam belajar dapat dirasakan di jurusan ini dan kedepannya pihaknya akan menjanjikan munculnya buku-buku lain yang akan membantu masyarakat dan perkembangan game di tanah air. (â–ºJATENG POS Selasa,14 Februari 2017 hal. 4) 

Kategori: