Anak Muda Antusias Ikuti Lomba Robo Battle
Senin, 13 Februari 2017 | 9:53 WIB

Robo Battle UnikaFakultas Teknik Elektro Unika Soegijapranata dan KFC bekerjasama dengan PT. Internasional Chemical Industry yang merupakan produsen dari Baterai ABC Alkaline mengadakan Acara Lomba Robo Battle bertempat di KFC Java Supermall pada hari Minggu (12/2).

Dalam perlombaan ini sendiri robot yang digunakan awalnya berbentuk seperti mobil remote seperti biasanya. Hanya saja, saat digunakan mobil remote tersebut dapat bertranformasi menjadi robot untuk bertarung. Ide ini sendiri diilhami dari Film Transformer.

“Perlombaan Robo Battle ini sendiri merupakan kompetisi robot yang pertama kali diadakan dengan menggunakan robot transformasi. Pada event lomba-lomba robot sebelumnya, tiap peserta membawa robot dari sekolah masing-masing dan perlu disadari membuat robot bukanlah hal yang mudah. Untuk itu dalam hal ini kami dari Baterai ABC Alkaline dan Unika Soegijapranata menyediakan fasilitas peralatan robot yang diperlukan. Jadi robot kita fasilitasi semua, peserta hanya tinggal datang ke arena pertandingan dan langsung dimainkan. Kami dan Unika Soegijapranata juga memiliki event besar yang diadakan di bulan Mei mendatang dan diharapkan dari event-event seperti hari ini dapat menjadi sarana publikasi acara kami di bulan Mei. Mungkin di bulan Maret kami akan adakan lagi event seperti ini dengan lokasi yang nanti kami tentukan” ungkap Blasius Chasto  sebagai Area Sales and Promotion Manager Baterai ABC Alkaline Jawa Tengah Utara.

Selanjutnya ia juga menambahkan, “Kami sendiri mempersilahkan peserta untuk memakai baterai Alkaline bekas hanya saja bagi mereka yang lolos ke babak selanjutnya memilki kecenderungan memakai baterai baru untuk menjaga power robot. Padahal baterai sebenarnya masih mampu digunakan sampai tahap final karena dalam lomba ini kami memakai ABC Alkaline dan 1 robot membutuhkan 1,5 volt yang artinya 1 robot membutuhkan energi dari 6 baterai,” imbuhnya.

“Dalam kompetisi ini, robot yang dipakai berjenis Robot Sumo. Dan robot yang dipakai telah dimodifikasi oleh pihak Teknik Elektro Unika sehingga mencegah terjadinya tabrakan frekuensi. Adapun penilaiannya terinspirasi dari Robot Sumo dimana robot peserta yang keluar arena akan kalah dan robot siapa yang jatuh juga kalah. Pada acara ini, sistem penilaian menggunakan sistem poin” tutur Blasius Chasto.

Implementasi Program Pemerintah Bidang Teknologi

Lomba Robo Battle ini dapat diikuti oleh semua umur dan lomba ini merupakan lomba yang berseri dimana pada Bulan Maret, pemenang pada Lomba Robo Battle bulan ini akan ditandingkan dengan pemenang event Bulan Maret.

“Untuk Lomba Robot sendiri, Teknik Elektro Unika Soegijapranata telah rutin mengadakan sejak 10 tahun terakhir. Hanya saja, Lomba Robot dengan model Robo Battle ini sendiri baru kami adakan pada tahun ini. Perencanaan akan lomba ini sendiri sudah ada sejak tahun kemarin karena kita melihat sejauh ini lomba robot hanya berjenis line follower dimana robot yang digunakan mengikuti jalur yang digunakan. Robot yang dilombakan, ditaruh di lintasan, kemudian saling beradu cepat antar robot untuk mencapai garis finish. Menurut saya, model tersebut sudah agak kuno sehingga pada kesempatan ini kita mencoba model baru yang lebih menarik” jelas Dr. Florentinus Budi S, ST., MT selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro Unika Soegijapranata.

“Acara ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan robot pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah supaya lebih paham pada teknologi terbaru. Jadi diharapkan daya tarik dari robot ini dapat membawa pengenalan pada dunia robotik lebih dalam dan perlu diapresiasi animo peserta yang mengikuti lomba ini sendiri lebih dari target kami perkirakan sebelumnya. Lomba ini sendiri juga sebagai salah satu implementasi terhadap program pemerintah yang mendorong perguruan tinggi menyasar pada anak-anak yang masih berada di Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah untuk lebih menekuni di bidang teknologi. Seperti di Republik Rakyat Tiongkok, saat ini teknologi berkembang secara pesat karena anak mudanya mau mendalami bidang-bidang teknologi” papar Budi.

Pada event lomba ini, Muhammad Farrel Alief, memperoleh Juara I dengan mendapatkan hadiah Rp 1 juta dan 1 unit Robot Autobots (Robot Transformasi). Juara II direbut oleh R. Calvin T yang mendapatkan hadiah berupa Rp 600 ribu dan Juara III direbut oleh Kevin Evan P.  yang memperoleh Rp 400 ribu. (cal)

Kategori: ,