Agus Ingin Unika Raih Akreditasi Internasional
Rabu, 22 Februari 2017 | 11:43 WIB
TRB 20_02_2017 Agus Ingin Unika Raih Akreditasi Internasional

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Prof Y Budi Widianarko menunjukkan surat sertifikat AIPT Peringkat A oleh Unika Soegijapranata, yang diselenggarakan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Unika, Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Semarang, Senin (20/2/2017)

Dr Agus Suryono, Ketua Umum Yayasan Sandjojo, selaku penyelenggara dan pembina Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata ingin, setelah Unika mendapat peringkat A untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), agar Unika dapat meraih akreditasi Internasional kedepannya.

Hal tersebut disampaikannya usai menjadi pembuka acara penyerahan sertifikat AIPT Peringkat A oleh Unika Soegijapranata, yang diselenggarakan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Unika, Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Semarang, Senin (20/2).

“Segera, setelah mendapat hasil yang baik ini, dalam hal ini peringkat A untuk AIPT, kami akan segera membuat semacam masterplan untuk akreditasi Internasional,” ujar Agus Suryono.

Ia pun menjelaskan, untuk mendukung langkah-langkah tersebut, ia ingin agar fakultas-fakultas di Unika Soegijapranata untuk segera berbenah ke arah yang lebih baik.

“Nilai-nilai dasar Universitas perlu dijunjung tinggi, untuk itu, kepada fakultas-fakultas kami yang sudah baik, ayo dorong lagi agar semakin maju dan baik. Jadi tidak ada waktu untuk leyeh-leyeh setelah menerima peringkat A ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan akan terus berkomunikasi dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dalam rangka untuk terus mempertahankan peringkat A yang telah diperoleh.

“Kami memohon komunikasi yang baik kepada pihak-pihak terkait, dalam hal ini Kemristekdikti karena komunikasi yang baik dapat menghasilkan sesuatu yang baik juga. Tentu kami ingin mempertahankan perolehan peringkat A tersebut,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah menuturkan, bahwa perolehan peringkat A kepada Unika menunjukkan bahwa sudah mulai ada geliat yang ditunjukkan Perguruan Tinggi di Semarang untuk menjadi unggul.

“Keinginan untuk menjadi yang paling unggul sudah ditunjukkan, nah Unika ini satu di antaranya, oleh itu kami apresiasi dan kami dorong terus untuk berbenah menuju ke arah yang baik,” ungkapnya.

Ia pun berharap, Unika dapat menjadi rujukan bagi PTS lain yang ingin mendapat raihan akreditasi A.

“Di Jawa Tengah sendiri, PTS di bawah Kopertis 6 ada 251 PTS, dan yang meraih akreditasi A baru Unika. Tentu hal ini menunjukkan bahwa Unika Soegijapranata dapat menjadi rujukan bagi PTS lain agar bisa meraih akreditasi yang serupa kedepannya,” harapnya. (►http://jateng.tribunnews.com)

Kategori: