Unika Juara Nasional Lomba Aerocreation
Kamis, 26 Januari 2017 | 9:52 WIB

 JTP 26_01_2016 Unika Juara Nasional Lomba Aerocreation
Empat mahasiswa Unika meraih juara pertama nasional Lomba Aerocreation di ITB.

Satu tim ini kesemuanya dari Prodi Teknik Elektro dan lomba diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Penerbangan di Kampus ITB. Keempat mahasiswa tersebut yakni Dimas Wahyu, Ignatius Wisnu Adi Nugroho, Gregorius Dimas Wahyu dan Lidya Gita Ronauly dengan didampingi dua dosen Unika Dr F Budi Setiawan M,T dan Felix Yustian Setiono MT.

"Dalam lomba tersebut, kami berhasil mengalahkan beberapa tim perwakilan yang berasal dari beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UI, UGM, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, UNY, dan Institut Teknologi Bandung. Lebih istimewanya lagi, even ini baru pertama kali diikuti Unika," terang Dimas, salah satu anggota tim.

Dikatakan, Lomba Aerocreation ITB 2017 temanya "Inovasi Teknologi, Bisnis, dan Sistem Manajemen Dirgantara di Indonesia". Dan pada even ini perwakilan Unika memilih subtema "Teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau Pesawat tanpa Awak untuk Kebutuhan NKRI" dengan mengajukan esai berjudul "Drone Corner”.

"Drone Corner adalah pusat kontrol drone, dalam mekanik drone sendiri terdapat tiga, bagian yakni pusat kontrol, pusat monitoring dan pusat perbaikan drone. Drone sendiri dipakai untuk menyelesaikan berbagai masalah seperti mengawasi lalulintas, memadamkan kebakaran dalam lingkup kecil dan mencari pelaku kriminal," kata Dr Budi Setiawan, dosen pendamping.

Pada even ini, tim perwakilan Unika menggunakan dua jenis drone yakni Vertical Take Off Landing (VTOL) milik DJI Phantom 4 Matrice 500 dan Matrice 100 dan tipe drone Fixed Wing milik AeroTerrascan AI450. (►JATENG POS Kamis, 26 Januari 2017 hal. 3) 

Kategori: