Pengalaman Riset Mahasiswa UNIKA di Luar Negeri
Rabu, 11 Januari 2017 | 7:57 WIB

SM 10_01_2017 Pengalaman Riset Mahasiswa UNIKA di Luar NegeriProgram Teknologi Pangan, Nutrisi dan Teknologi Kuliner Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata kembali memberangkatkan tujuh mahasiswa untuk melakukan kegiatan internship yang tersebar di dua negara dan tiga perguruan tinggi. Ketujuh mahasiswa ini akan menjalankan kegiatan internship selama dua sampai tiga bulan.

Pada kegiatan internship ini diharapkan mahasiswa yang terpilih menjadi peserta, melaksanakan penelitian di negara yang menjadi destinasi dan sekembalinya ke Tanah Air dapat membawa laporan hasil penelitian. Selanjutnya akan dikembangkan menjadi proyek skripsi mahasiswa yang bersangkutan.

Proyek skripsi yang dikerjakan merupakan proyek skripsi bersama di mana dalam pembuatannya dosen pembimbing dari negara yang dituju berperan sebagai co- supervisor dan dosen dari Unika Soegijapranata berperan sebagai pembimbing. Demikian sebaliknya saat mahasiswa peserta *internship* melakukan penelitian di negara tujuan di mana dosen pembimbing dari Unika berperan sebagai co- supervisor.

Selanjutnya hasil skripsi bersama tersebut akan dilanjutkan dengan publikasi baik itu melalui seminar maupun dalam bentuk jurnal.

Ketujuh mahasiswa tersebut adalah, Jessica Astelia, Alfiana Savitri, Denny Saputra, Onny Shelvia, Carolina Santoso, Kenny Santoso, Nazhifa Salsabila. Seluruh mahasiswa peserta kegiatan internship ini merupakan mahasiswa FTP Unika semester 6 yang telah melalui proses seleksi yang ketat.

“Di FTP Unika, kegiatan internship ini merupakan salah satu program tindak lanjut dari MoU antara FTP Unika dengan universitas lain yang berada di luar negeri. Pada kegiatan internship ini, para mahasiswa ditempatkan di 3 perguruan tinggi ternama, Fu Jen Catholic University Taiwan, Assumption University Bangkok Thailand dan Institute of Nutrition Mahidol University Bangkok Thailand,” kata Dekan FTP Unika Soegijapranata Dr V Kristina Ananingsih.

Diharapkan dari kegiatan internship ini, terjadi alih teknologi di mana dinegara tujuan *internship* kegiatan penelitian didukung oleh dosen pembimbing yang memiliki keahlian di bidangnya dan tentunya dengan fasilitas modern yang mendukung. Selain itu menurutnya, untuk memberikan wawasan dan pengalaman kultural yang berbeda bagi mahasiswa.

Sebelum berangkat menuju negara yang dituju, para peserta mengikuti proses bimbingan dengan dosen pembmbing FTP yang telah dikelompokkan sesuai bidang penelitian masing-masing dalam proyek penelitian internship. Setelah itu, para mahasiswa peserta *internship* diberangkatkan menuju negara destinasi masing-masing. (http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: