KKN Unika Bangun Desa
Jumat, 13 Januari 2017 | 10:50 WIB

JTP 13_01_2016 KKN Unika Bangun Desa_0001SEMARANG РSebanyak 109 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Unika  siap bertugas dan dilepas di selasar Gedung Thomas Aquinas, kemarin. Mereka akan ditugaskan ke Kecamatan Gubug Kebupaten Grobogan.

Para mahasiswa terbagi menjadi 18 kelompok dan diterjunkan di empat desa yakni di Desa Gilapan, Desa Mlilir, Desa Genggangtani dam Desa Panadaran di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Kepala LPPM Unika, Prof Dr Andreas Lako mengatakan mahasiswa KKN Unika akan melakuakan pengabdian masyarakat selama 30 hari. Dalam KKN tersebut mereka diantaranya akan membantu pembangunan dan pengentasan kemiskinan di sejumlah desa.

“Dalam pelaksanaan KKN ini, LPPM Unika mendapatkan hibah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng senilai Rp 100 juta dan dana tersebut akan difokuskan pada program-program infrastruktur,” jelasnya.

Menurut Prof Lako, anggaran hibah ini akan dibuat membangun MCK, pipanisasi, bak tower dan jalan dusun, sedangkan dana dari mahasiswa akan difokuskan kepada pemberdayaan masyarakat. “Pada intinya KKN Unika ini akan membantu pemerintah provinsi dalam hal pembangunan,” jelasnya.

Senada dikatakan, Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (KP3M) Unika Rudy Elyadi bahwa pelepasan peserta KKN periode gasal ini diharapkan terus bisa membawa hasil.

Sejumlah kecamatan yang dijadikan tempat KKN selama ini juga sudah menjalin kerjasama lewat MoU. “Intinya setiap upaya KKN Unika selalu bisa bermanfaat bagi masyarakat desa, dan selama ini Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga mengapresiasi kinerja KKN Unika,” pungkasnya. (JATENG POS Jumat,13 Januari 2017, hal. 4)

Kategori: