Isi Liburan dengan Kompetisi Komputer
Senin, 9 Januari 2017 | 9:15 WIB

SM 08_01_2017 Isi Liburan dengan Kompetisi Komputer

Libur kuliah semester ini tak secuil pun menyurutkan semangat mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang untuk tetap beraktivitas. Terbukti, belum genap seminggu menjalani tahun baru, mereka telah mengeksekusi satu rangkaian acara.

Ya, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HMPSSI) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Unika baru saja menggelar National Competition Web Programming and Microsoft Office, Kamis (5/1). Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00-17.00 WIB itu bertempat di Gedung Henricus Constant, Unika. “Agenda kali ini ditujukan khusus bagi para pelajar SMAdan sederajat. Di sini mereka bisa melatih skill komputer, dan bagi kami, bisa turut mempromosikan Unika bagi peserta yang akan lulus SMA,” jelas Nana, sapaan Arcelina Sukiatmodjo, wakil ketua lomba.

Selaras tajuk acara, ada dua jenis lomba yang diadakan, yakni Web Programming dan Microsoft Office. Peserta lomba Web Programming tercatat sebanyak enam orang, sementara lomba Microsoft Office diikuti 12 peserta. Soal jumlah peserta yang tak seberapa, Nana angkat bicara. “Kami sudah promosi dengan menyebar poster ke beberapa sekolah. Juga berilkan di media sosial. Awalnya kami menargetkan 20 peserta untuk masing-masing jenis lomba. Di sisi lain, kami pesimistis karena kini tidak banyak pelajar SMAyang mendapat materi ilmu komputer di sekolah, terutama soal pemrograman web,” ujar perempuan berkacamata itu.

Maka ketika peminat lomba Microsoft Office lebih banyak ketimbang Web Programming, panitia mahfum. Pun mereka mengaku puas karena meski berbarengan dengan jadwal sekolah, peserta tetap meluangkan waktu mengikuti lomba tersebut.

Dua Ruangan

Pada hari pelaksanaan, peserta dibagi dua ruangan sesuai jenis lomba yang diikuti. Pada lomba Microsoft Office, mula-mula peserta diberi template dan harus diolah dengan Microsoft Word dan Micorsoft Power Point. Sesi kedua yang berlangsung setelah jam makan siang mengharuskan peserta berkutat dengan Microsoft Excel. “Excel lebih rumit karena memakai rumus, tabel, dan diagram. Lantaran itu kami memberi waktu pengerjaan lebih lama.

Sementara tugas peserta Web Programming adalah membuat bahasa pemrograman menggunakan html. Mereka 100 persen melakukan coding dari awal,” kata ketua lomba Jason Albert Soegiharto.

Berdasarkan penilaian, kategori Web Proramming dimenangi oleh Ilham Faiq Musyaffa (SMK 11 Semarang), disusul Krisna Putra Agna Wicaksono (SMK 11 Semarang), lalu Alexandro Setiawan (SMK Nusaputera). Lomba Web Programming and Microsoft Office bukan satu-satunya hajatan yang diselenggarakan himpunan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika.

Beberapa pekan sebelumnya, panitia menggelar Workshop Game Programming and Sound Composing with Gameloft. Acara yang terbuka untuk umum tersebut terlaksana di Gedung Henricus Constant, Unika, Semarang, Selasa (13/12). “Workshop ini adalah wadah bagi mereka yang ingin tahu pembuatan game. Kami membaginya menjadi dua kelas. Pertama, untuk mereka yang minat memrogram game. Ada pula kelas yang khusus mempelajari teknik komposing suara dalam game,” papar Dominikus Reynard Darmawan, ketua workshop.

Penyelenggaraan workshop dan lomba tersebut adalah duet kali pertama Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Pada tahun-tahun sebelumnya, mereka menggarap program kerja masing-masing. “Tahun ini Dekan Fakultas Ilmu Komputer meminta kami bekerja sama. Biasanya BEM bertanggung jawab jika ada lomba akademik, sedangkan workshop dan lomba komputer semacam ini tugas HMJ,” tutur Nana.

Pada tahun ajaran mendatang, tak menutup kemungkinan kerja sama tersebut tetap berjalan. Nana berharap, ia dan kawan-kawannya bisa mengemas acara bertema komputer dengan lebih apik lagi. ( http://berita.suaramerdeka.com , Suara Merdeka 8 Januari 2017 hal. 14 )

Kategori: ,