Bernardinus Harnadi PhD – Sukses Tuntaskan S3
Jumat, 20 Januari 2017 | 16:33 WIB

JTP 20_01_2017 Bernardus Harnadi PhD Sukses Tuntaskan S3Berbuatlah kebaikan, kelak kemudahan akan menghampiri kita. Inilah motto yang dipegang Bernardinus Harnadi PhD, dosen Unika. Dia bernasib baik, sukses baru saja selesaikan studi S3 di luar negeri.

Berdi, panggilan akrabnya adalah staf dosen prodi Sistem Informasi (SI) Unika. Sejak 1994 lulus dari Fakultas Teknik Elektro Undip langsung mengajar di Fakultas Teknik Elektro Unika.

“Awalnya tidak terlintas di benak saya untuk kuliah tingkat doktoral atau S3, namun karena ada tawaran dari wakil rektor Unika untuk kuliah di Thailand, saya langsung tertarik. Belum lama ini saya lulus dari Assumption University Thailand. Kebetulan juga suka dengan suasana Thailand,” ucapnya.

Berdi mengaku, waktu kuliah S3 dibiayai beasiswa unggulan dosen Indonesia luar negeri atau beasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Luar Negeri yang diadakan Dirjen Dikti. “Dalam dunia akademisi saya menyukai penelitian. Desertasinya tentang kebiasaan para pemain game online dari berbagai usia,” urainya.

Dikatakan, pendidikan memperdalam ilmu penting untuk dilakukan selama masih mampu ke jenjang lebih tinggi. Dia juga pernah kuliah diploma (D3) teknik elektro di UGM jurusan bidang komputasi.

“Saya suka bidang komputasi yang menjadi spesialisasinya, hampir memiliki kesamaan dengan ilmu informatika. Saat ini misalnya mempelajari tentang pemograman komputer, ilmu elektro yang terlalu luas dapat menjadi induk berbagai macam ilmu, salah satunya informatika,” tegasnya.

Ditambahkan, hasil penelitian Berdi lakukan juga telah dimuat ke dalam jurnal dan telah dipublikasikan di tingkat internasional. (JATENG POS Jumat,20 Januari 2017 hal. 4)

Kategori: