109 Mahasiswa Unika di Grobogan
Sabtu, 14 Januari 2017 | 8:13 WIB

KR 13_01_2017 109 Mahasiswa Unika KKN di GroboganKepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Prof Dr Andreas Lako MSi dan Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberduaan Masyarakat (P3M) LPP Unika Rudy Elyadi SE MM di kampus setempat, Kamis (12/1), melepas 109 mahasiswa. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai prodi yang ada di Unika untuk menjalani KKN tematik pengentasan kemiskinan selama sebulan ke depan. Mereka mulai KKN pada 12 Januari 2017 dan ditempatkan di 4 Desa di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

"KKN periode ini, LPPM Unika mendapatkan dana hibah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng sebesar Rp 100 juta. Dana akan difokuskan pada program-program infrastruktur di antaranya pembangunan MCK, pipanisasi bak tower (daerah ini daerah sulit air), dan jalan dusun. Sedangkan dana dari mahasiswa difokuskan pada program program pemberdayaan masyaraka seperti pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi kreatif," ujar Prof Andreas Lako.

Menurut Andreas Lako, dana hibah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng tidak cukup untuk menjalankan semua program KKN di Grobogan ini, sifatnya hanya sebagai stimulus. Sehingga pemkab Grobogan bersama masyarakat setempat akan berupaya mencari dana pendamping untuk kegiatan infrastruktur di desa desa mereka.. (Kedaulatan Rakyat – 13 Januari 2017 – Halaman 10)

Kategori: