Teman Sebagai Team Work
Jumat, 2 Desember 2016 | 10:40 WIB

dhian“Posisikan teman selalu ada untuk kita, teman yang bisa diajak kerja sama bareng dalam membuat suatu project dan budayakan teamwork dalam setiap project” tutur Dhian Adi Putranto.

Dhian, begitu biasa ia dipanggil merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Progdi Sistem Informasi jurusan Game Technology yang baru saja menyelesaikan studi S-1 nya di Unika Soegijapranata dengan IPK 3,5. Ia merupakan salah satu mantan anggota “Kronik” Unika dan akan diwisuda pada bulan Desember 2016. “Kronik” Unika sendiri merupakan koran kampus Unika yang banyak memuat kegiatan dan berbagai event yang diadakan di Unika Soegijapranata.

“Banyak pengalaman menarik yang saya peroleh selama menekuni sebagai jurnalis “Kronik”, antara lain dapat meliput berita wisudawan terbaik. Dan dari wisudawan terbaik inilah yang memotivasi dan menginspirasi saya untuk mengikuti jejak mereka. Selain itu, saya sempat meliput kegiatan besar di Unika seperti ASEACCU yang merupakan pertemuan Perguruan Tinggi Katolik tingkat Asia Tenggara yang saat itu Unika terpilih sebagai tuan rumahnya. Dari situlah, saya dapat belajar banyak hal terutama penanganan acara di tingkat Asia Tenggara, bagaimana Gala Dinner tingkat Asia Tenggara dan menurut saya yang terpenting dari Kronik adalah membuka kesempatan bagi saya untuk menjamah acara-acara penting seperti ASEACCU yang bagi mahasiswa lain mungkin sulit untuk dijamah” tutur Dhian.

Selama kuliah di Unika, Dhian pernah bertindak sebagai pembicara Seminar “Festival Game dan Penganugerahan Beasiswa Unggulan” , selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Co- trainer ATGW (Arising The Grateful Winner) 2013-2014 dan Divisi Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Unika Soegijapranata 2014-2015. Hal lain, pada tahun 2015, ia juga menjadi salah satu pendiri Satgas Pramuka.

Menurutnya, dari sekian banyak kegiatan yang pernah ia ikuti, pengalaman berharga yang jarang sekali orang lain dapat yaitu dapat “bersentuhan” langsung dengan para petinggi universitas dan kesempatan itu bisa ia dapatkan dengan menjadi jurnalis “Kronik”

Beruntung Dapat Beasiswa

Mengangkat judul skripsi “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Pra-sekolah menggunakan Game”, dalam proses pengerjaan skripsi ia banyak belajar dari pengalaman yang ia miliki.

“Pada proses skripsi saya ini, saya mencoba untuk membuat game yang ditujukan untuk anak usia pra-sekolah (usia 3-6 tahun). Game yang saya buat ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif ( kemampuan berpikir anak), sehingga secara garis besarnya game yang saya ciptakan ini akan memberikan stimulus bagi peningkatan kognitif anak” tutur Dhian

Setelah dinyatakan lulus, Dhian banyak membantu temannya untuk menyelesaikan skripsi. Selain itu, ia juga masih aktif dalam kegiatan Satgas Pramuka, yang dibentuk untuk merumuskan, merencanakan, mempersiapkan keperluan untuk menjadi pramuka. Target dan tujuan pembentukan Satgas Pramuka ini adalah sampai dengan dibentuknya UKM pramuka di Unika.

Dhian yang alumni SMAN 5 Semarang merasa sangat beruntung karena mendapat beasiswa unggulan Kemdikbud selama berkuliah di Unika dengan syarat IPK harus selalu >3 sehingga selama 4 tahun masa kuliah, biaya UKP, UPP dan biaya SKS telah ditanggung oleh beasiswa tersebut. (Cal)

Kategori: ,