Medsos Ubah Peran PT Jadi Simbol Pengetahuan
Senin, 19 Desember 2016 | 8:24 WIB

KR 19_12_2016 Medsos Ubah Peran PT Jadi Simbol PengetahuanMedia sosial (medsos) semakin memiliki peran luar biasa dalam kehidupan manusia, meski pada kenyataannya medsos dengan segala bentuk demokratisnya punya sisi negatif dan sisi positif. 
Sisi negatif di antaranya sosmed memberi informasi yang tidak akurat ke masyarakat sehingga bisa mengacaukan tatanan politik dan sosial budaya yang sudah baik sebelumnya (sisi negatif dari demokrasi pengetahuan yang diusung medsos).

“Sisi positif sosmed di antaranya sekarang banyak sumber ilmu pengetahuan bukan dari pakar-pakar resmi termasuk dari perguruan tinggi (PT) tetapi dari para pelaku medsos yang saya sebut sebagai “pakar warga”. Artinya ilmu pengetahuan sekarang terdistribusi meluas di masyarakat dan perguruan tinggi bukan satu-satunya pemegang monopoli ilmu pengetahuan” ujar Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc pada wisuda 320 mahasiswa.

Menurutnya, mulai hal simpel seperti cara menjalankan HP sampai hal kompleks misal  pemahaman tentang struktur gen manusia ada semua di medos. Juga tentang antropologi mengenai manusia Flores ada di medos dan sebelum baca buku teks masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan tersebut secara gampang cepat dan gratis dari medsos. ( http://krjogja.com )

Kategori: